alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Suap Proyek Meikarta, KPK Tahan Eks Bos Lippo Cikarang

Sabir Laluhu
Suap Proyek Meikarta, KPK Tahan Eks Bos Lippo Cikarang
Mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk Bartholomeus Toto mengenakan rompi tahanan saat akan dibawa ke Rutan KPK. Foto/SINDOnews/Sabir Laluhu

JAKARTA - Juru Bicara KPK, Febri Diansyah, mengungkapkan pihaknya secara resmi menahan mantan Presiden Direktur PT Lippo Cikarang Tbk, Bartholomeus Toto di Rutan Kelas 1 Jakarta Timur Cabang KPK, Rabu (20/11/2019). Eks bos Lippo Cikarang ini diketahui tersandung kasus suap proyek Meikarta.

Febri menjelaskan hari ini penyidik sebelumnya telah melakukan pemeriksaan terhadap Toto sebagai tersangka pemberi suap pengurusan izin-izin proyek pembangunan Meikarta di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

Pemeriksaan kali ini, kata Febri, merupakan pemeriksaan kesekian kali Toto sebagai tersangka.
Febri mengungkapkan selepas pemeriksaan, penyidik memutuskan melakukan penahanan terhadap Toto.



"Tersangka BTO (Bartholomeus Toto-red) ditahan selama 20 hari pertama terhitung hari ini Rabu, 20 November 2019 di Rutan Cabang KPK yang berada di belakang Gedung Merah Putih KPK," ujar Febri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Rabu (20/11/2019) malam.

Dia membeberkan pihaknya mempersilakan tersangka Toto membantah perbuatannya apalagi sampai melaporkan dugaan fitnah ke Polrestabes Bandung. Febri menegaskan, KPK meyakini bukti-bukti yang telah dimiliki yang memperkuat dugaan perbuatan pidana pemberian suap yang dilakukan Toto.

Febri menandaskan KPK tidak bergantung pada bantahan atau pengakuan seorang tersangka maupun pengakuan seorang saksi.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook