alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Undangan Telat, KPU dan Bawaslu Absen di Pelantikan Legislator Sinjai

Irman Bagoseng
Undangan Telat, KPU dan Bawaslu Absen di Pelantikan Legislator Sinjai
KPU dan Bawaslu Sinjai absen pada pelantikan legislator Sinjai terpilih gegara undangan telat. Foto: SINDOnews/Irman Bagoseng

SINJAI - Pelantikan 30 legislator terpilih di Ruang Paripurna DPRD Sinjai pada hari ini, Rabu (20/11/2019) menuai sorotan. Penyebabnya, tidak satu pun komisioner penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu yang hadir. Belakangan, terungkap absennya para penyelenggara pemilu disebabkan undangan kepada mereka yang telat disampaikan.

Ketidak hadiran komisioner KPU dan Bawaslu Sinjai itu spontan menjadi bahan pembicaraan masyarakat, baik di warkop maupun di media sosial (medsos). Tidak sedikit yang menyalahkan Sekretariat DPRD Sinjai yang dianggap menjadi pemicu absennya penyelenggara pemilu pada pelantikan anggota DPRD terpilih.

Salah seorang warga Sinjai, Sahir, menyebut seandainya undangan tersebut diantarkan tepat waktu alias jauh hari sebelum pelaksanaan kegiatan, pastinya komisioner KPU dan Bawaslu Sinjai bisa hadir. "Kesannya penyelenggara pemilu ini tidak dihargai," ujar dia.



Ketua Bawaslu Sinjai, A Rusmin Kayyung, yang dikonfirmasi terkait ketidakhadirannya mengaku baru menerima undangan pelantikan legislator pada pukul 10.00 WITA. Padahal, acara diagendakan berlangsung mulai pukul 09.00 WITA. Toh begitu, ia tidak menyalahkan panitia.

"Mungkin karena banyaknya undangan yang disebar sehingga kami (komisioner) Bawaslu dan KPU Sinjai agak telat dapatnya. Kami juga tidak bisa menghadiri pelantikan tersebut karena di undangan tertulis acara dimulai pukul 09.00 WITA, tapi kami terima undangannya sekitar pukul 10.00 WITA," ujarnya.

"Ya intinya kami mengucapkan selamat atas pelantikan anggota DPRD Sinjai, semoga amanah," sambung Rusmin.

Dikonfirmasi terpisah, Plt Sekwan Sinjai, Lukman Mannan, berdalih jika undangan untuk penyelengara pemilu Sinjai telah diberikan. "Ada kok undangannya, bahkan kita sudah sediakan kursi di ruang paripurna," singkat dia.

Dari pantaun Sindonews, pelantikan legislator Sinjai diwarnai aksi unjuk rasa mahasiswa di luar Gedung DPRD. Kendati demikian, acara pelantikan tetap berlangsung. Toh, pengamanan dilakukan secara ketat di lokasi pelantikan.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook