Bupati Gowa Berencana Bangun RS Pratama di Kecamatan Bontonompo

Minggu, 28 Februari 2021 - 18:56 WIB
loading...
Bupati Gowa Berencana Bangun RS Pratama di Kecamatan Bontonompo
Bupati Kabupaten Gowa, Adnan Purichta Ichsan. Foto: SINDOnews/Herni Amir
A A A
GOWA - Bupati Kabupaten Gowa , Adnan Purichta Ichsan berjanji akan membangun rumah sakit pratama untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat di Kabupaten Gowa.

Adnan mengatakan, rumah sakit ini akan didirikan di Kecamatan Bontonompo. Fasilitas ini diharapkan mampu melayani masyarakat yang ada di Kecamatan Bontonompo, Bontonompo Selatan, Bajeng, Bajeng Barat dan sebagian Barombong.



"Dengan berdirinya rumah sakit ini, maka masyarakat tidak semuanya terpusat dilayani di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syekh Yusuf ," ungkapnya, Minggu (28/2/2021).

Menurut bupati dua periode ini, selama ini jumlah orang yang mau dilayani, jauh lebih besar dibanding tenaga yang melayani. Sehingga kata Adnan, mungkin ada rasa lelah yang berlebihan dari tenaga kesehatan yang kadang membuat perawatnya susah tersenyum. Kondisi tersebut kata Adnan membuat masyarakat merasakan kurangnya pelayanan di RSUD Syekh Yusuf .

Adnan memaparkan, pelayanan kesehatan yang menjadi salah satu hak dasar setiap masyarakat ini memang masuk dalam lima program prioritas di periode kedua masa pemerintahannya.



Karena itu, selain pembangunan rumah sakit pratama , tahun ini Adnan juga akan merenovasi empat puskesmas dengan meningkatkan kapasitas dan fasilitas yang ada di puskesmas tersebut. Ini akan menjadi percontohan untuk renovasi puskesmas lain di tahun-tahun selanjutnya.

"Renovasi yang dilakukan ini untuk peningkatan kapasitas dan fasilitasnya, dalam arti peningkatan gedung dan tempat tidurnya, ditambah begitupula dengan laboratorium dan alat kesehatannya," jelasnya.

Dengan penambahan fasilitas tersebut, Adnan berharap, pelayanan masyarakat di daerah berjuluk Butta Bersejarah ini lebih berbasis puskesmas.



Ia menyebutkan, penambahan fasilitas ini dilakukan untuk mendukung 26 puskesmas rawat inap yang telah dibangun sebelumnya di 18 kecamatan, baik di dataran rendah maupun di dataran tinggi.

"Kami juga telah menyelesaikan pembangunan RS Syekh Yusuf . Untuk sekarang gedungnya sudah selesai 7 lantai. Sisa kita mempersiapkan mengisi RSUD yang 7 lantai itu. Kalau ini sudah siap, maka siaplah untuk melakukan pelayanan masyarakat di Kabupaten Gowa," tandasnya.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 3.3849 seconds (0.1#10.140)