alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Gubernur Beri Lampu Hijau Rencana Reklamasi GMTD

Syachrul Arsyad
Gubernur Beri Lampu Hijau Rencana Reklamasi GMTD
Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah membuka ruang kepada PT Gowa Makassar Tourism Development (GMTD) Tbk untuk bisa melakukan reklamasi di kawasan pesisir Tanjung Bunga Kota Makassar.

Nurdin mengaku, pihak GMTD sebelumnya telah berkonsultasi dengan dirinya terkait rencana ini. Diapun membolehkan, selama perizinan dilengkapi dan aturan reklamasi sesuai ketentuan berlaku. “Jadi persiapkan baik-baik soal perizinan. Jangan kita salah. Makanya silahkan diajukan dan akan kita proses sesuai aturan yang berlaku," tutur Nurdin yang ditemui di rumah jabatan Gubernur Sulsel.

Dia melanjutkan, GMTD baru mewacanakan rencana ini kepada Pemprov Sulsel. Untuk rencana luasan pantai yang akan direklamasi, masih perlu dikaji lebih lanjut. GMTD juga belum membeberkan konsep soal itu. “Belum ada (berapa luas reklamasi). Hanya konsultasi awal. Baru kemarin dia (GMTD) sampaikan bahwa akan mengajukan permohonan untuk reklamasi. Terus saya bilang, 'silahkan aja'," katanya.



Menurut Nurdin, reklamasi menjadi bagian penting yang diperlukan untuk pembangunan kota. Tidak hanya itu, dia mengklaim proses reklamasi justru baik untuk meminimalisir dampak bencana. “Karena saya kira reklamasi itu di semua negara, itu dijadikan mitigasi, sama di Kabupaten Banteng. Bantaeng kan dulu abrasi tiap tahun. Tapi setelah kita reklamasi, abrasinya jadi hilang," ujar mantan bupati Bantaeng dua periode ini.

Selain itu, Nurdin menyebut reklamasi juga dibutuhkan untuk pengembangan perekonomian baru. Hal ini dikatakan sesuai visi misi Presiden RI, Joko Widodo yang mendorong terciptanya lapangan kerja.

Sementara dia mengaku, persoalan ini sangat bergantung dengan kebijakan kepala daerah. “Saya ingin sampaikan bahwa visi misi Presiden sangat jelas. Tujuannya bagaimana menyiapkan lapangan pekerjaan. Ini sangat bergsntung pada kebijakan. Kalau pemerintah suatu wilayah memberikan kepastian, kemudahan, saya kira dunia usaha lebih berkembang," paparnya.

Makanya, dia pun meminta GMTD mempersiapkan baik-baik perizinan rencana reklamasi. Pemerintah juga tidak ingin salah memberi kebijakan, jika aturan dan syarat reklamasi tidak dipenuhi.

Dikonfirmasi terpisah, Associate Director PT GMTD Tbk, A Eka Firman Ermawan menuturkan, pihaknya masih mempelajari aturan pelaksanaan reklamasi.

Dikatakan, GMTD masih belum punya rencana lebih jauh terkait hal tersebut. "Karena kita ingin melakukan kajian lebih jauh lagi. Supaya tidak menjadi masalah di kemudian hari. Saat ini kami masih mempelajari aturannya dulu," tandas Eka yang dihubungi KORAN SINDO, kemarin.

Diapun belum bisa menentukan secara pasti lokasi pelaksanaan reklamasi. Begitupula, luasan pantai yang bakal ditimbun. “Masih terlalu dini itu. Belum ada rencana pastinya dimana. Tapi nanti pasti kita akan ekspose kalau rencananya sudah final," jelasnya. 



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook