alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

UMKM Makassar Didorong Optimalkan Pemanfaatan Teknologi

Tim Sindonews
UMKM Makassar Didorong Optimalkan Pemanfaatan Teknologi
Diskusi Menakar Daya Tumbuh UMKM Makassar di Era Digital, Jumat (22/11/2019). Foto : Istimewa

MAKASSAR - Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) senantiasa didorong untuk mengembangkan daya saing di era 4.0 secara berkesinambungan melalui pemanfaatan platform digital.

Khusus di Makassar, pelaku UMKM yang telah memanfaatkan teknologi dalam menunjang kegiatan usahanya masih relatif terbatas dengan struktur di bawah 10% dari ekosistem pada segmen berklasifikasi UMKM.

Untuk itu Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo,mendorong para pelaku usaha untuk segera memanfaatkan teknologi ini.



"Saat ini pasar sudah banyak dilakukan secara digital. Sayangnya sebagian besar UMKM kita belum melek teknologi," katanya saat menjadi pembicara dalam Diskusi 'Menakar Daya Tumbuh UMKM Makassar di Era Digital, Jumat (22/11/2019).

Rudi juga mengajak seluruh elemen termasuk pihak korporasi semakin aktif untuk memberikan fasilitasi akses digital terhadap pelaku UMKM di kota ini sehingga lebih atraktif menghadap persaingan di era digital.

Salah satunya dimanifestasikan oleh Sampoerna Retail Community (SRC) yang telah mengembangkan inovasi baru untuk menjawab tantangan di era digital dengan meluncurkan aplikasi AYO SRC, Pojok Lokal dan identitas baru.

Tidak hanya merangkul UMKM yang berbasis di Makassar, tetapi juga membuka ruang kolaborasi bagi pelaku segmen UMKM dari seluruh kabupaten/kota di Sulawesi Selatan.

"Ini merupakan upaya untuk membuka peluang kerja sama dan akses pasar tanpa batas bagi pelaku usaha retail dan pelaku UMKM lokal," ujarnya.

Adapun Sampoerna Retail Community (SRC) adalah bentuk dukungan pemberdayaan Usaha Kecil Menengah (UMKM) sektor retail dari PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna).

Khusus untuk aplikadi AYO SRC adalah inovasi untuk memudahkan akses para anggota SRC untuk saling berbagi ilmu bisnis, mendapat informasi mengenai pembinaan UKM Sampoerna, dan memudahkan proses pengelolaan toko. Melalui ini, Sampoerna ingin seluruh SRC menjadi lebih dikenal.

"Kami memandang UMKM di Makassar dan Sulsel secara umum memiliki ceruk potensi yang teramat besar terutama dengan optimasi berbasis digital pengembangan bisnis dan penciptaan peluang. SRC pun hadir untuk fasilitasi tersebut," kata Manager Regional Relation & CSR East Sampoerna Arga Prihatmoko.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook