alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tim Sensus BMD Bulukumba Evaluasi Pengelolaan Aset Milik Daerah

Eky Hendrawan
Tim Sensus BMD Bulukumba Evaluasi Pengelolaan Aset Milik Daerah
Bupati Kabupaten Bulukumba, AM Sukri Sappewali dalam Rakor evaluasi hasil sensus aset. Foto: SINDOnews/Eky Hendrawan

BULUKUMBA - Tim sensus Barang Milik Daerah (BMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba menggelar rapat koordinasi (Rakor) untuk mengevaluasi hasil sensus aset tahap pertama tahun 2018 dan rencana sensus tahun 2019 di ruang pola kantor bupati, Kamis (21/11/2019). Rakor tersebut dibuka Bupati Kabupaten Bulukumba, AM Sukri A Sappewali.

Dalam rakor tersebut, Sukri meminta kepada semua pengurus barang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan pengelola aset daerah, untuk bersikap tegas dan berpedoman pada aturan penatausahaan aset milik daerah.

"Saya minta dan menekankan pentingnya akuntabilitas dan asas kepatuhan hukum dalam pelaksanaan pengelolaan BMD di pemerintah daerah. Semua pihak yang terkait harus tegas dalam bertindak demi mengamankan aset daerah," katanya, Jumat (22/11/2019).



Bupati dua periode ini berharap agar apa yang telah dikerjakan oleh pengurus aset bisa menjadi prestasi di masa mendatang dalam mewarisi pengelolaan aset yang berharga. Sehingga pengurus aset diminta untuk proaktif dalam mengasosiasikan sensus yang dilakukan.

"Kita tentunya berharap apa yang adinda ku sekalian kerjakan hari ini dapat menjadi kenangan indah bagi pemerintahan ini ke depan dan juga sebagai warisan berharga bagi penerus kita dalam sistem pengelolaan BMD," ujarnya.

Pelaksanaan sensus akan dikombinasikan dengan penerapan Permendagri 108 tahun 2016 tentang kodefikasi dan penggolongan barang milik daerah.

Sementara itu, Kepala Bidang Aset Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Bulukumba, Andi Awal Nurhadi mengaku bahwa pekan depan, pihaknya akan melakukan sosialisasi hal tersebut mulai dari dinas, kecamatan, kelurahan, desa, Puskemas dan sekolah.

"Atas tantangan Bapak Bupati dalam sistem pengelolaan aset, sudah sewajarnya kami bersama seluruh stakeholder terkait dalam sistem pengelolaan BMD menjalankan sistem yang memang sudah tertata dengan baik," ucapnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook