alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Perkuat Kemitraan Media, DPRD Sulsel Berguru ke Yogyakarta

Muhaimin Sunusi
Perkuat Kemitraan Media, DPRD Sulsel Berguru ke Yogyakarta
Sekretriat DPRD Sulsel berguru ke DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta terkait sistem kemitraan media. Foto: SINDOnews/Muhaimin Sunusi

YOGYAKARTA - Sekertariat DPRD Sulsel Bagian Perundang-undangan pada Subbagian Dokumentasi, Publikasi dan Informasi melakukan kunjungan kerja ke Sekretariat DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Jumat (22/11/2019).

Kepala Bagian Perundang-undang dan Informasi DPRD Sulsel, Surya Dharma Thomas, mengungkapkan kunjungan kerja ini bertujuan untuk penguatan kemitraan dengan media. Pihaknya ingin melihat dan membandingkan sistem kemitraan media yang ada di Sekretariat DPRD DIY.

"Jadi kunjungan ini sebagai bagian dari penguatan dan pengembangan wawasan terkait kemitraan media yang ada di sekretariat DPRD lain. Tujuannya tentu saja untuk membantu penyebarluasan informasi dan publikasi kegiatan dewan," katanya.



Kepala Bagian Humas dan Protokol DPRD DIY, Budi Nugroho, mengatakan selama ini kemitraan sekretariat dengan media yang bertugas di DPRD DIY sangat baik. Bahkan kegiatan kehumasan banyak melibatkan wartawan dalam hal publikasi berbagai program.

"Apalagi kita punya program khusus yang memang menjaga kemitraan kita dengan media. Ada namanya Press Tour, Olahraga bersama, Wayang, Kethoprak, Forum Wartawan dan Jumpa Pers," ujarnya.

Untuk olahraga bersama, kata dia, staf sekretariat, wartawan hingga anggota dewan menggelar olahraga bersama di luar jam kerja atau hari libur. Misalnya saja bermain sepakbola atau futsal.

Adapun press tour, lanjut Budi ialah melakukan studi banding ke daerah tertentu. Misalnya saja seperti yang dilakukan sebelumnya ke Bandara Internasional Kualanamu, Kota Medan. Di sana awak media melihat bandara setempat yang sudah terpadu dan terintegrasi langsung dengan transportasi darat seperti kereta dan bus.

"Hasil kunjungan di sana kemudian ditindaklanjuti melalui diskusi publik, mengingat ada bandara baru sedang dibangun di Kabupaten Kulon Progo. Kita inginkan seperti itu terlaksana di sini, dan masyarakat lokal ikut diakomodir bekerja, sesuai dengan aturan yang dibuat," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Koordinator Forum Wartawan DPRD DIY, Santos Suparman, menambahkan pihaknya telah lama bekerja sama dengan sekretariat. Meski begitu, pihaknya tetap menjaga independensi wartawan dengan menyajikan fakta yang ada.

"Meski pun kita bermitra dengan sekretariat, namun kami sebagai wartawan tetap menjaga nilai berita kita. Kita tetap menyajikan sesuai fakta. Jika memang ada yang dikritik, ya tetap kita beritakan," tutupnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook