alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

4 Penderita Gangguan Jiwa di Pulau Harapan Dirujuk ke RSUD Sinjai

Irman Bagoseng
4 Penderita Gangguan Jiwa di Pulau Harapan Dirujuk ke RSUD Sinjai
Sebanyak empat penderita gangguan jiwa di Pulaui Harapan akhirnya bisa dirujuk ke RSUD Sinjai. Foto/Ilustrasi

SINJAI - Empat warga Desa Pulau Harapan yang mengidap gangguan jiwa akhirnya bisa dirujuk ke Dokter Ahli Jiwa di RSUD Sinjai, Jumat (22/11/2019) kemarin.

“Setelah melakukan edukasi beberapa kali dengan pihak keluarganya, ke empat Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) tersebut, berhasil dirujuk ke RSUD Sinjai,” kata Kepala Puskemas Kecamatan Pulau Sembilan, Agussalim.

Menurut dia, penanganan tersebut dalam rangka pencapaian Standar Pelayanan di bidang kesehatan yakni Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) yang dikolaborasikan program Pemerintah Kabupaten Sinjai Home Care Home Visite.



Dia menyebutkan, di wilayah kerjanya, Kecamatan Pulau Sembilan, tercatat 13 warga yang mengalami ODGD di empat desa, guna menghindari pemasungan terhadap ODGJ, pihaknya, (PKM) dan Polisi Sektor (Polsek) mengedukasi keluarga pasien untuk melakukan pengobatan teratur.

Selanjutnya, ke-4 ODGJ yang dirujuk ke dokter ahli jiwa di RSUD Sinjai itu dinanti kepastian diagnosa dan kelanjutan pelayanan yang nantinya diawasi dan dilanjutkan oleh puskesmas dengan bantuan keluarga.

Agussalim berterima kasih kepada semua pihak, baik keluarga pasien, pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan Polsek Pulau Sembilan yang andil dalam hal tersebut. “Karena atas kerjasamanya, kami berhasil merujuk ke 4 ODGJ untuk ditangani dokter ahli jiwa, karena tidak mudah untuk membujuk dan membawa ODGJ tanpa bantuan berbagai pihak,” ujarnya.

Sementara, Iptu Sasmito yang bertugas untuk mengawal dan memastikan semua ODGJ tertangani dengan baik, mengemukakan, setelah bolak-balik ke rumah Pasien ODGJ di beberpa desa, akhirnya pihak keluarga bersedia menemani pasien untuk check up di RSUD Sinjai.

“Empat ODGJ ini tidak meresahkan. Mereka hanya berkeliaran di pulau. Mereka juga berobat secara berkala dengan pengawasan Puskesmas Pulau Sembilan,” kata Kapolsek Pulau Sembilan itu.

Di Kabupaten Sinjai, penanganan ODGJ tersebut merupakan tindaklanjut program Pemkab Sinjai, yakni Home Care dan Home Visit. Semua penderita gangguan jiwa di Pulau Sembilan diobati secara teratur dan tidak ada yang dipasung.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook