alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jeanine Anez Setujui Pemilihan Presiden Baru Bolivia

Agus Nyomba
Jeanine Anez Setujui Pemilihan Presiden Baru Bolivia
Presiden Sementara Bolivia Jeanine Anez. Foto: Instagram

LA PAZ - Presiden sementara Bolivia Jeanine Anez, telah menandatangani RUU yang disetujui parlemen untuk pemilihan umum Presiden baru Bolivia.

"Kami merasa telah melakukan apa yang harus kami lakukan. Misi pemerintah saya adalah mengatur pemilihan baru sesegera mungkin," katanya saat upacara penandatanganan yang disiarkan oleh saluran TV Bolivia dilansir dari Tass, Senin, (25/11/2019).

Dokumen tersebut membatalkan hasil pemungutan suara 20 Oktober dan membayangkan penunjukan hakim baru di Mahkamah Pemilihan Tertinggi Bolivia dalam waktu 20 hari setelah penegakannya. Para hakim akan memiliki dua hari untuk menunjuk tanggal pemungutan suara.



Parlemen Bolivia pada 23 November menyetujui RUU pemerintah sementara tentang periode transisi dan khusus untuk menyelenggarakan pemilihan umum. Menurut Anez, perlu upaya untuk mencapai konsensus untuk mengadopsi dokumen dengan suara bulat.

Bolivia mengadakan pemilihan presiden pada 20 Oktober. Mahkamah Pemilihan Agung menyatakan Evo Morales pemenangnya. Saingan utamanya, Carlos Mesa, menolak untuk mengakui hasil babak pertama. Gelombang protes dimulai.

Tentara, oposisi dan serikat pekerja mendesak Morales untuk mundur. Pada 10 November, dia mengatakan akan pergi tetapi pada saat yang sama menggambarkan peristiwa itu sebagai kudeta pemerintah. Wakil Presiden Alvaro Garcia Linera, pembicara Senat Adriana Salvatierra dan pembicara dari Kamar Deputi Victor Borda, yang akan mengambil alih kepresidenan sementara di bawah konstitusi, juga mengundurkan diri.

Pada 12 November, Morales tiba di Meksiko, yang otoritasnya memberinya suaka politik. Pada hari yang sama, wakil ketua kedua Senat, Jeanine Anez, menyatakan dia akan mengambil alih sebagai presiden sementara. Mahkamah Konstitusi menguatkan transisi kekuasaan.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook