alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Makin Panas Jelang Munas, Golkar Berpotensi Kembali Pecah

Rico Afrido Simanjuntak
Makin Panas Jelang Munas, Golkar Berpotensi Kembali Pecah
Konflik internal di Golkar yang kian tajam menjelang munas berpotensi mengakibatkan partai ini kembali terpecah. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Persaingan antar-calon ketua umum semakin memanas menjelang Musyawarah Nasional (Munas) Golkar di Jakarta pada 3-6 Desember. Situasi pun ikut memanas dipicu perang opini dua kubu dari loyalis Airlangga Hartarto dan pendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet).

Teranyar, kubu Bamsoet mengancam akan menggelar munas sendiri alias munas tandingan bila kubu Airlangga terus melakukan pelanggaran AD/ART partai. Kondisi ini bila dibiarkan berlarut disebut berpotensi mengakibatkan Golkar kembali pecah menjadi dua kubu.

Sejarah mencatat perpecahan di tubuh Golkar bukan kali pertama. Sebelumnya partai berlambang beringin ini pernah pecah antara kubu Aburizal Bakrie (Ical) dengan Agung Laksono. Sebelum itu, bahkan perpecahan di tubuh Golkar menghasilkan sejumlah parpol.



Direktur Indostrategi Arif Nurul Imam mengatakan konflik di Partai Golkar memang relatif lebih sering terjadi. Hal itu disebabkan karena tidak ada figur tokoh kuat di partai berlambang pohon beringin itu.

"Mengenai potensi Golkar terbelah tentu sangat mungkin jika melihat anatomi politik Golkar dan track record Golkar selama ini. Artinya, jika sama-sama ngotot dan gagal melakukan sharing politics, potensi terpecah sangat besar," kata Arif kepada SINDOnews, Selasa (26/11/2019).

Lebih lanjut, dia mengatakan hal tersebut karena figur Bamsoet dan Airlangga sama-sama pemimpin gerbong politik dan merasa sama-sama dekat dengan penguasa alias presiden.

Diketahui, pada tahun 2014 lalu, Partai Golkar terpecah dua kubu. Awalnya, Ical terpilih kembali menjadi ketua umum Partai Golkar pada Munas IX di Bali, 29 November-3 Desember 2014.

Kubu Agung Laksono tidak mengakui Munas tersebut dan membuat Munas tandingan yang digelar di Ancol, Jakarta. Dari Munas Ancol Jakarta itu, Agung Laksono ditetapkan sebagai ketua umum Golkar.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook