alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu Maros Susun IKP Cegah Konflik dan Kecurangan di Pilkada 2020

Najmi Limonu
Bawaslu Maros Susun IKP Cegah Konflik dan Kecurangan di Pilkada 2020
Bawaslu Maros Susun IKP guna mencegah dan mendeteksi dini konflik politik dan kecurangan pada Pilkada 2020. Foto/Ilustrasi/SINDOnews

MAROS - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maros menyusun Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) menjelang Pilkada Serentak 2020. Langkah ini merupakan salah satu strategi guna mencegah konflik politik dan praktik kecurangan pada pesta demokrasi mendatang.

Ketua Bawaslu Maros, Sufirman, mengatakan melalui IKP, pihaknya akan memiliki gambaran sekaligus pemetaan terkait potensi kerawanan dalam Pilkada 2020. "Kerawanan dari aspek politik uang, hoax, netralitas ASN, isu SARA maupun potensi-potensi kerawanan sosial lainnya," kata dia , Rabu (27/11/2019).

Sufirman menerangkan proses penyusunan IKP 2020 ini juga sebagai langkah awal agar Bawaslu mampu melakukan upaya pencegahan potensi pelanggaran berdasarkan fakta yang didapatkan di lapangan.



"Kita akan memaksimalkan upaya pencegahan potensi pelanggaran. Salah satu aspek utama yang merupakan tugas, kewenangan dan tanggung jawab Bawaslu kabupaten selain pengawasan dan penindakan ya pencegahan," terangnya.

Ditargetkan awal bulan Desember 2019, IKP Pilkada Maros sudah rampung. Dari situ, pihaknya bisa melakukan deteksi dini dan berkoordinasi ke pihak-pihak terkait.

"Selanjutnya akan kami koordinasikan juga sebagai bahan sosialisasi kepada Panwascam yang nantinya sudah terbentuk seperti apa tingkat kerawanan pilkada di daerah kerja mereka masing-masing," pungkas Sufirman.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook