alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Wah, 3 Menteri Jokowi Disebut Tekan DPD Golkar Pilih Airlangga

Rico Afrido Simanjuntak
Wah, 3 Menteri Jokowi Disebut Tekan DPD Golkar Pilih Airlangga
Kubu Bamsoet menuding ada tiga menteri Jokowi yang mencampuri urusan internal partainya. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Kubu Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengungkap adanya intervensi dari tiga menteri kabinet Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin yang mencampuri urusan internal partainya. Ketiga menteri yang tidak disebutkan identitasnya ini disebut menekan pengurus Golkar di daerah untuk memenangkan Airlangga Hartato.

Loyalis Bamsoet, Syamsul Rizal, menyebut tiga menteri menelepon dan meminta sejumlah Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Golkar untuk memilih Airlangga Hartarto pada Musyawarah Nasional (Munas) partai berlambang beringin di Jakarta 3-6 Desember mendatang.

"Ada beberapa pembantu Jokowi dijadikan alat juga untuk tekan DPD-DPD, DPD 1 melalui kepala-kepala daerahnya," ujar Syamsul Rizal.



Syamsul memastikan Presiden Jokowi tidak mengetahui ada tiga menteri yang menekan beberapa DPD Partai Golkar. Karena kata dia, Presiden Jokowi dari awal tidak ingin mencampuri urusan internal Golkar.

Dia melanjutkan, hubungan Presiden Jokowi antara dengan Bamsoet maupun Airlangga Hartarto sama-sama baik. "Jadi ada pembantu presiden saya enggak mau sebut nama, ada 3 pembantu presiden yang telepon DPD-DPD dan ketua-ketua DPD I dan kepala-kepala daerah untuk pilih Airlangga, berpihak ke Airlangga," ungkapnya.

Menurutnya, tiga menteri itu tidak punya jabatan politik di partai politik. Tiga menteri itu, kata dia, hanya mau cari legitimasi politik ke presiden. "Biar presiden itu percaya mereka punya kekuatan politik padahal sebenarnya enggak, hanya banyak bacot doang," ujarnya.

Dia membeberkan, satu dari tiga menteri itu kader Partai Golkar. "Ada 3 pembantu presiden, yang satu itu kader Golkar, yang satu akademisi, yang satu partai lain," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Golkar Lodewijk Freidrich Paulus mengaku tidak mengetahui adanya tiga menteri yang mencampuri urusan pemilihan ketua umum Partai Golkar di Munas nanti. "Saya enggak tahu lah itu, tanya Pak BS (Bamsoet-red), saya enggak tahu," ujar Lodewijk dikonfirmasi terpisah.

Dia kembali melontarkan jawaban senada saat ditanya tanggapannya tentang tiga menteri itu menekan beberapa DPD Partai Golkar untuk memilih Airlangga Hartarto nanti. "Maaf, maaf, no comment kalau masalah itu," pungkasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook