TOPIK TERPOPULER

Target Raih WBK, Polres Maros Terapkan Inovasi Pelayanan Antar Jemput

Najmi Limonu
Target Raih WBK, Polres Maros Terapkan Inovasi Pelayanan Antar Jemput
Kapolres Maros AKBP Musa Tampubolon dan Wakapolres memberikan keterangan pers terkait komitmen meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Foto: Sindonews/Najmi Limonu

MAROS - Untuk terus memaksimalkan pelayanan, Polres Maros terus melakukan pembenahan dan inovasi. Tahun ini, Polres Maros menargetkan akan meraih Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon mengatakan, usai melakukan pembenahan infrastruktur kantornya, dia kini tengah fokus untuk membuat sistem pelayanan semaksimal mungkin kepada masyarakat.

"Beberapa tahun ini kami memang terus membenahi kantor kami. Nah sekarang infrastrukturnya sudah memadai, maka kami saat ini fokus untuk membenahi pelayanan," katanya, Rabu (03/03/2021).

Baca Juga: Kapolres Maros Resmikan Rumah Kantor Bhabinkamtibmas di Simbang

Untuk memberikan pelayanan maksimal, Polres Maros pun berinovasi dengan memberikan pelanan antar jemput dokumen bagi masyarakat yang ingin mengurus SIM dan juga SKCK di Polres Maros.



"Hari ini kami melakukan kerjasama dengan salah satu UMKM di bidang jasa kurir. Kedepannya, warga tidak perlu repot menunggu dan mengantre, karena untuk dokumen baik SIM maupun SKCK bisa diantarkan," lanjutnya.

Dengan menggandeng UMKM lokal ini, kata dia, Polres Maros juga ingin berkontribusi dalam peningkatan UMKM. Melalui aplikasi di HP, layanan antar jemput dokumen dari Polres ke rumah warga akan disiapkan.

ā€œDiharapkan dengan kerjasama ini akan semakin meningkatkan Mutu pelayanan Publik Polres Maros yang berkesesuain dengan Program Prioritas Kapolri yakni Peningkatan Mutu Pelayanan Publik," sebutnya.

Selain itu, Polres Maros juga tengah menggagas sebuah aplikasi yang akan lebih memudahkan masyarakat dalam hal kepengurusan berkas di Polres. Mulai dari SIM, SKCK, Izin Keramaian, Surat Kehilangan ataupun laporan masyarakat.

"Nanti juga kita akan buat satu aplikasi untuk semua pelayanan yang ada di Polres, mulai dari Lalulintas, Reskrim hingga SPKT. Semua akan bisa diakses di Smart Phone saja," ujarnya.



Baca Juga: Bangun Masjid di Mallawa, Personel Polres Maros Dapat Penghargaan

Untuk pelayanan lain, Polres Maros juga tengah menyiapkan ruang khusus untuk pelayanan korban kejahatan anak dan juga perempuan. Dalam ruangan itu, ia menyebut akan membuat semua tidak tampak seperti kantor Polisi.

"Ini juga tidak kalah penting, karena kadang kala korban kejahatan anak dan perempuan itu trauma melihat kantor Polisi. Nah kedepan kita akan buat kantor khusus menangani hal itu dan tidak ada citra Polisi di sana," sebuntnya.

Diketahui, Polres Maros saat ini telah memiliki beberapa gudung baru yang telah dibangun oleh Pemkab Maros. Seluruh sarana prasarana itupun telah didesain sedemikian rupa agar ramah dengan orang yang berkebutuhan khusus.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!