alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jadwal Penyerahan Syarat Dukungan Perseorangan Pilkada 2020 Dipersingkat

Luqman Zainuddin
Jadwal Penyerahan Syarat Dukungan Perseorangan Pilkada 2020 Dipersingkat
Komisioner KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar. Foto: SINDOnews/Luqman Zainuddin

MAKASSAR - Batas waktu penyerahan syarat dukungan KTP untuk jalur perseorangan kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pilkada tahun 2020 berubah. Perubahan tersebut tertuang pada Peraturan KPU Nomor 16 Tahun 2019.

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Kota Makassar, Gunawan Mashar membenarkan hal tersebut. Menurut Gunawan, jadwal penyerahan syarat dukungan untuk jalur perseorangan dipersingkat.

"Dampak dari diundangkannya PKPU 16 adalah berubahnya jadwal penyerahan syarat dukungan untuk calon yang ingin maju melalui jalur perseorangan. Semula jadwalnya tanggal 11 Desember hingga 5 Maret 2020, menjadi 19 Februari hingga 23 Februari 2020," tulis Gunawan dalam keterangan yang diterima SINDOnews, Kamis (28/11/2019).



Meski ada perubahan, Gunawan memastikan bahwa informasi tersebut sudah sampai kepada pihak-pihak yang melirik jalur perseorangan pada pemilihan Wali Kota Makassar. (Baca juga: Banyak Figur Lirik Jalur Perseorangan di Pilkada 2020)

"Kami ada grup untuk tim calon, saya juga sampaikan di sana," beber Gunawan. (Baca juga: Pendaftaran Jalur Perseorangan Dimulai Desember, Simak Tahapan Lengkapnya)

Pada jadwal pencalonan, sambung Gunawan, khususnya untuk perseorangan, turut berubah alur dan jadwal prosesnya. Seperti jadwal penelitan jumlah dukungan, verifikasi administrasi, verifikasi faktual, lalu perbaikan syarat dukungan, semua berubah.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook