alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Basmin Mutasi 240 Pejabat Eselon IV Lingkup Pemkab Luwu

Chaeruddin
Basmin Mutasi 240 Pejabat Eselon IV Lingkup Pemkab Luwu
Bupati Kabupaten Luwu, Basmin Mattayang, saat melantik pejabat pengawas, pejabat pelaksana dan kepala UPTD Puskesmas lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu. Foto: SINDOnews/Chaeruddin

LUWU - Bupati Kabupaten Luwu, Basmin Mattayang, melantik 240 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu pada jabatan eselon IV.

240 pejabat eselon IV ini ada yang mendapat promosi, pergeseran setingkat dan non job. Yakni, jabatan kepala seksi, lurah, kepala Puskesmas, sekretaris lurah dan jabatan setingkat lainnya di beberapa dinas, kelurahan dan kantor camat.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pejabat pengawas, pejabat pelaksana dan kepala UPTD Puskesmas lingkup Pemerintah Kabupaten Luwu, berdasarkan surat keputusan (SK) nomor: 820.21/307/bkpsd/2019.



Pelantikan dilaksanakan di aula pertemuan Bappeda. Saat melantik, Basmin Mattayang tampak didampingi Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak.

Di antara pejabat yang dilantik yakni, Rahmat Muhtar diangkat menjadi Kepala Seksi (Kasi) Pengelolah Sampah pada Dinas Lingkungan Hidup. Hendra, Kasi Kurikulum SD. Nahli, Kasi Kemitraan Organisasi di Dispora.

Basmin dalam sambutannya menyampaikan bahwa sebagai seorang pejabat, yang pertama harus lakukan adalah perubahan karakter. Basmin bilang, jelang pelantikan lurah dan sekretaris lurah serta pejabat lainnya, ada yang datang menyampaikan dan melapor kepadanya.

"Ada yang menyampaikan ke saya, dia bilang begini, Pak Bupati orang ini tidak cocok jadi lurah di sini, sombong, angkuh, kalau bicara terlalu keras, begitu bahasanya," kutip Basmin.

"Pejabat itu perlu memiliki tiga hal, pertama tingkat kecerdasan yang tinggi namun berani bertanya jika ada yang dia tidak tahu, jangan sok tahu dan pura-pura tahu," lanjut Basmin.

Menurut Basmin, ilmu itu ada yang tahu dan ada yang tidak tahu. Olehnya itu kata dia, cara meraih ilmu adalah banyak membaca, termasuk membaca tanda tanda zaman, masa lalu, masa kini dan masa akan datang.

"Pejabat pula harus memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Ketiga adalah mampu menjaga stabilitas emosi. Ada pejabat kalau marah dia robek kertas, dia lempar bawahannya atau dia mengatainya. Karakter seperti itu yang harus kita perbaiki, tutur sapa harus diperbaiki apa lagi kita adalah pelayan masyarakat," ujarnya.

Dijelaskan Bupati Luwu dua periode ini bahwa, dirinya bersama Syukur Bijak, tidak mau resah dan gelisah karena persoalan jabatan.

"Karakter kami bukan jual jabatan, bukan tender jabatan, komitmen kami memperbaiki Luwu dengan baik, yang kami cari pejabat yang memiki etika yang baik, SDM yang baik, yang cerdas dan tidak sombong," ujarnya.

Sebagai bukti kata dia, pejabat yang dilantik hari ini, banyak yang tahu jika dirinya dilantik sejam bahkan 30 menit sebelum pengambilan sumpah jabatan.

Untuk diketahui, bulan lalu, Bupati Luwu, juga melantik ratusan pejabat eselon III setingkat kepala bidang, sekretaris dinas dan camat.

Kepala Bidang Mutasi BKPSDM Kabupaten Luwu, Andi Ahkam Basmin, mengatakan, usai pelantikan, sebanyak 22 ASN akan mengikuti job fit di Makassar, Jumat siang besok.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook