Hasil Studi Ungkap Konsumsi Buah dan Jus Jeruk Sehat untuk Otak

Kamis, 04 Maret 2021 - 09:40 WIB
loading...
Hasil Studi Ungkap Konsumsi Buah dan Jus Jeruk Sehat untuk Otak
Konsumsi buah dan jus jeruk baik untuk kesehatan otak. Foto: Healthline
A A A
MAKASSAR - Buah dan jus jeruk dikenal memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tidak hanya bisa meningkatkan imun tubuh dengan kekayaan nutrisinya, tapi juga bermanfaat untuk kesehatan otak.

Hasil studi yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Neuroscience mengungkap bahwa makan buah jeruk dan minum jus jeruk dapat meningkatkan kesehatan otak, terutama selama penuaan.

Dilansir dari Express, para ilmuwan menghubungkan efek tersebut dengan polifenol, disebut flavonoid , yang ada di jeruk , lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali.

Untuk mengeksplorasi asosiasi tersebut, para ilmuwan yang berbasis di University of East Anglia di Norwich mengumpulkan ratusan penelitian yang mengamati dampak flavonoid jeruk pada sel otak dan saraf, serta 10 penelitian pada populasi manusia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa polifenol jeruk memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-oksidatif. Keduanya penting untuk melindungi jaringan otak dari kerusakan. Misalnya karena penuaan atau kondisi kesehatan yang mendasarinya.

Kerusakan sel otak dan saraf adalah salah satu tanda awal dari kondisi degeneratif, seperti Alzheimer dan penurunan kognitif terkait usia.



“Penelitian pada manusia yang dilakukan sejauh ini menunjukkan bahwa makan buah jeruk meningkatkan kinerja kognitif dan mengurangi risiko penyakit otak degeneratif," kata penulis, Dr David Vauzour, Senior Research Fellow di Norwich Medical School.

"Kami melihat efek serupa untuk buah utuh dan jus 100%, dan efektivitas pada orang sehat dan mereka yang memiliki kondisi neurologis," lanjutnya.

Selain itu, penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa melengkapi makanan dengan buah jeruk meningkatkan defisit dalam pembelajaran dan memori, terutama memori spasial, yang membantu mengingat di mana meletakkan sesuatu dan memori pengenalan yang penting untuk wajah dan nama.

"Buah jeruk dan jusnya kaya akan vitamin C dan mengandung flavonoid seperti hesperidin. Ini terkenal memiliki efek positif pada sistem vaskular dan tekanan darah, jadi menarik bahwa manfaatnya meluas ke otak. Ini memberikan alasan lain untuk menikmati segelas jus jeruk setiap hari," jelas Dr Carrie Ruxton, dari Fruit Juice Science Center.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1068 seconds (0.1#10.140)