alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

AS Sebut ISIS Incar Asia Tenggara Jadi Markas Baru Usai Al-Baghdadi Tewas

Muhaimin
AS Sebut ISIS Incar Asia Tenggara Jadi Markas Baru Usai Al-Baghdadi Tewas
ISIS disebut akan menargetkan wilayah Asia Tenggara sebagai markas baru mereka. Foto: Ilustrasi

JAKARTA - Setelah kematian pemimpin ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi, kini mereka dinilai tertarik menjadikan Asia Tenggara sebagai alternatif markas baru.

Hal ini disampaikan Pejabat kontra-terorisme Amerika Serikat (AS) Nathan Sales. Ia mengatakan ada indikasi para militan ISIS tertarik menjadikan Asia Tenggara sebagai alternatif markas baru.

Menurut Sales, selain Asia Tenggara, Afrika adalah pilihan utama untuk merkas baru ISIS. "ISIS terus mempertimbangkan Asia Tenggara sebagai tempat berlindung yang aman yang dapat digunakan oleh para petempur asing sebagai pangkalan utama mereka," tulis The Straits Times mengutip Sales.



"ISIS, di bawah kepemimpinan baru, masih menganggap Asia Tenggara sebagai tanah untuk melakukan jihad," ujarnya.

Menteri Dalam Negeri Muhyiddin Yassin dalam pertemuan ASEAN di Bangkok hari Rabu lalu memperingatkan bahwa ISIS sedang mencari basis operasi baru dan Asia Tenggara kemungkinan diincar sebagai pilihan.

Menurut Muhyiddin, pencarian basis operasi baru ISIS harus diwaspadai setelah kelompok itu kehilangan banyak wilayahnya di Suriah dan Irak.

Abu Bakr al-Baghdadi bunuh diri dengan meledakkan rompi bom selama operasi pasukan khusus AS di Suriah pada bulan lalu.

"Kami percaya bahwa kematian al-Baghdadi akan membuka babak lain dalam operasi teror Daesh (ISIS). Setelah kehilangan banyak wilayahnya di Suriah dan Irak, Daesh juga mencari pangkalan baru," katanya seperti dikutip dari Bernama, Kamis (28/11/2019) malam.

Menurutnya, Malaysia akan tetap waspada terhadap para teroris yang kembali dari luar negeri dan kemungkinan melakukan serangan tunggal. Muhyidin mengatakan Malaysia sedang memantau radikalisasi online di media sosial dan pendanaan terorisme melalui jaringan intelijen keuangannya.

Muhyiddin tidak mengidentifikasi ke negara Asia Tenggara mana ISIS akan pindah markas.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook