alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Jepang Nilai Peluncuran Rudal Korut Jadi Ancaman Internasional

Agus Nyomba
Jepang Nilai Peluncuran Rudal Korut Jadi Ancaman Internasional
Pemerintah Jepang menilai peluncuran Rudal yang dilakukan Korea Utara jadi ancaman bukan hanya Jepang namun Internasional. Foto: Kantor Berita KCNA

TOKYO - Pemerintah Jepang menilai peluncuran rudal yang dilakukan Korea Utara (Korut), tidak hanya menjadi tantangan serius bagi Jepang namun menjadi ancaman internasional.

Hal ini disampaikan Kepala Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga yang mengatakan pada konferensi pers pada hari Jumat, (29/11/2019) terkait dengan uji coba rudal yang dilakukan Korea Utara.

"Korea Utara telah meluncurkan lebih dari 20 rudal tahun ini. Ini berarti bahwa teknologi misilnya telah meningkat secara signifikan. Peluncuran itu merupakan tantangan serius tidak hanya bagi negara kita (Jepang), tetapi untuk seluruh komunitas internasional," kata Suga dilansir dari TASS.



Dia menambahkan bahwa Dewan Keamanan Nasional Jepang, mengadakan sesi darurat pada hari Kamis atas peluncuran Pyongyang baru-baru ini dan menyimpulkan bahwa Korea Utara akan terus meluncurkan rudal balistik di masa depan.

"Dalam hal ini, kami melanjutkan kerja sama yang erat dan pertukaran informasi dengan Amerika Serikat, dan kami akan melakukan segala yang diperlukan untuk memastikan keamanan dan kedamaian rakyat Jepang," kata Suga.

Surat kabar Rodong Sinmun melaporkan Jumat pagi bahwa Korea Utara melakukan uji coba peluncur roket multipel super besar pada Kamis. Surat kabar itu mengatakan bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengawasi uji coba dan "menyatakan sangat puas" dengan hasilnya.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan sebelumnya melaporkan bahwa Korea Utara melakukan uji coba menembakkan dua rudal tak dikenal ke Laut Jepang Kamis malam. Kementerian Pertahanan Jepang mengatakan bahwa kedua rudal itu mencapai ketinggian 100 km dan terbang sejauh 380 km.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook