TOPIK TERPOPULER

IA ITB Siap Fasilitasi Alumni Muda Ciptakan Startup Unicorn

Suwarny Dammar
IA ITB Siap Fasilitasi Alumni Muda Ciptakan Startup Unicorn
Hariyono, calon ketua umum IA ITB. Foto: Istimewa

BANDUNG - Hariyono, calon ketua umum Ikatan Alumni (IA) ITB, berkolaborasi dengan The Greater Hub SBM ITB, Prasetia Dwidharma, MDI Ventures (Telkom), e-Fishery, Mandiri Capital Indonesia, dan BRI Ventures, menyelenggarakan ITB Startup Pitching Day 2021.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan ekosistem startup di Indonesia, khususnya di kalangan alumni ITB. Sehingga kelak, muncul unicorn baru besutan alumni ITB setelah Bukalapak.com yang didirikan oleh Achmad Zaky, alumni Teknik Informatika ITB.



Baca juga: ITB Buka Jalur Magister Berbasis Riset

Kegiatan ITB Startup Pitching Day diselenggarakan secara daring sepenuhnya pada tanggal 3 Maret 2021. Ada 90 peserta yang mendaftar, baik alumni ITB maupun umum. Di antara peserta yang mendaftar, terpilih 5 startup terbaik yang akan mempresentasikan idenya di hadapan para panelis investor. Adapun 5 startup tersebut: Jaramba, IZI, Diklatkerja, Linimasa, dan Celina.

“Alumni muda ITB memiliki potensi yang luar biasa dan memiliki semangat kewirausahaan yang perlu didukung penuh oleh Ikatan Alumni. ITB Startup Pitching Day ini merupakan prototipe program kerja yang akan saya lakukan jika terpilih menjadi Ketua Umum IA ITB. Ada tiga program kerja yang saya siapkan bagi alumni muda pegiat startup, yaitu IA ITB Fund (pendanaan bagi startup), IA ITB Sandbox (inkubator bisnis), dan Professional Mentoring (jejaring startup dan alumni senior yang berpengalaman di industri),” beber Hariyono dalam siaran persnya kepada SINDOnews.

Baca juga: Gembong Primadjaja: Semangat Wirausaha Alumni ITB Harus Didukung

Dina Dellyana, Direktur The Greater Hub SBM ITB mengatakan, startup yang bisa menarik minat investor saat pitching adalah yang antusias, terstruktur, dan bisa memvisualisasikan bisnisnya dengan baik.



Sementara itu, Joshua Agusta, Director of Venture Funds, Mandiri Capital Indonesia menambahkan, ketika startup sudah menjalankan validasi pasar, sebaiknya hasilnya juga dikomunikasikan ke investor saat pitching.

CEO Prasetia Dwidharma Arya Setiadharma, menyarankan agar peserta saat demo day, melakukan presentasi dengan singkat. Sehingga ia menyarankan menggunakan teknik bercerita yang menggugah emosi.

Baca juga: ITB Berikan Keringanan UKT untuk Mahasiswa

Gibran Chuzaefah, CEO e-Fishery, menambahkan, “Tujuan pitching saat demo day itu harus bisa membuat startup kita mudah diingat oleh calon investor.”

Sebagai informasi, Hariyono adalah mantan Vice President of Information Technology di PT Elnusa Tbk. Saat ini menjadi calon ketua umum IA ITB nomor urut 4, dan bersaing dengan 7 kandidat calon ketua umum lainnya.

Baca juga: ITB Adopsi Solusi Oracle, Proses Bisnis Lebih Mudah

Guna menarik dukungan alumni muda ITB, sebelumnya Hariyono sudah mengadakan kegiatan “Kumpul Rembuk Beasiswa” 25 Februari lalu, diikuti lebih dari 200 peserta dengan 6 narasumber alumni ITB yang mendapatkan beasiswa S2 dan S3 di luar negeri, serta 2 narasumber dari pihak pemberi beasiswa, yaitu LPDP dan Erasmus Mundus.

Pada tanggal 12 Maret 2021, Hariyono juga akan mengadakan kegiatan “Investasi Efektif untuk alumni Muda” yang akan menghadirkan beberapa alumni ITB yang juga Certified Financial Planner sebagai narasumber.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!