alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

5 Tahanan Kasus Korupsi Puskesmas Kabupaten Wajo Hirup Udara Bebas

M Reza Pahlevi
5 Tahanan Kasus Korupsi Puskesmas Kabupaten Wajo Hirup Udara Bebas
Lima Terdakwa kasus korupsi Puskesmas di Wajo usai dilepaskan dari Lapas klas 1 Makassar. Foto: SINDOnews/Reza Pahlevi

WAJO - Masa tahanan lima orang terdakwa kasus korupsi tujuh Puskesmas di Kabupaten Wajo berakhir. Lima orang tersebut dibebaskan pada Kamis 28 November 2019. Mereka ditahan oleh Kejaksaan Negeri (Kejari) Wajo selama beberapa bulan.

Kelima orang terdakwa tersebut yakni, Ilhamsyah yang merupakan konsultan, Rahmat Razak sebagai kontraktor, Amran sebagai PPTK, Huslan sebagai PPK, dan Saharuddin sebagai kontraktor.

Penasehat hukum dari terdakwa Amran, Sudirman menjelaskan, kelima orang dari tahanan Kejari Wajo tersebut resmi dibebaskan pihak Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) klas 1 Makassar tempat mereka ditahan. Mereka dibebaskan karena masa penahanan sudah berakhir.



Walau begitu, proses hukum terhadap kelimanya masih tetap berjalan. Kelima orang tersebut kata Sudirman, tetap harus menjalankan sejumlah agenda persidangan yang saat ini masih berlangsung. (Baca juga: Kejari Janji Usut Dalang Korupsi Pembangunan 7 Puskesmas di Wajo)

"Alhamdulillah kelima orang klien saya sudah bebas karena masa tahanan dari Kejaksaan sudah berakhir, lama masa tahanannya dari kelima orang tersebut bervariasi, kalau kliennya ditahan sejak Maret 2019 sedangkan Saharuddin di tahan sejak Desember 2018. Saat ini kelima orang kliennya sudah berkumpul bersama keluarga. Proses perkaranya tetap berjalan, minggu depan agendanya pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Wajo, Nova Pagar Alam membenarkan bebasnya kelima orang tahanan dari Kejari Wajo. Ia menjelaskan, kelima orang terdakwa tersebut dibebaskan karena masa tahanan dari kelima orang orang tersebut telah berakhir.

"Iya mas sudah dibebaskan, masa tahanannya sudah tidak bisa diperpanjang oleh pengadilan Tipikor. Walaupun bebas dari tahanan, proses perkarayanya masih tetap berjalan," pungkasnya. (Baca juga: Kejaksaan Didesak Tuntaskan Kasus Dugaan Korupsi 7 Puskesmas di Wajo)



(man)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook