TOPIK TERPOPULER

Lalu Lintas Semrawut, DPRD Pangkep Soroti Kinerja Dishub

Muhammad Subhan
Lalu Lintas Semrawut, DPRD Pangkep Soroti Kinerja Dishub
Suasana Kantor DPRD Pangkep. Foto: Istimewa

PANGKEP - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pangkep, menyoroti kinerja Dinas Perhubungan (Dishub) yang dinilai gagal dalam pengelolaan lalu lintas di wilayah perkantoran.

Ketua Komisi I DPRD Pangkep, Nurdin Mappiara mengatakan, indikator kegagalan Dishub Pangkep adalah semrawutnya lalu lintas di area perkantoran, pasar sentral dan pengelolaan parkir yang tidak membuahkan hasil pascadiberi kepercayaan atas retribusi parkir dari Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pangkep.

"Dishub mendapat raport merah. Banyak tugas yang tak bisa diselesaikan. Padahal sudah ada komitmen sejak beberapa tahun lalu dalam mengatasi kemacetan dan perparkiran di Pangkep," ujarnya, Kamis, (4/3/2021).

Baca Juga: Diterjang Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah Warga di Pangkep Rusak

Dia mencontoh, akses lalu lintas di lingkup perkantoran Dinas Catatan Sipil hingga Kantor DPRD Pangkep menjadi pekerjaan rumah yang belum bisa diatasi Dinas Perhubungan Pangkep. Bertahun-tahun pengguna jalan sering mengalami kemacetan hingga kecelakaan utamanya di perempatan kantor DPRD dan Kantor BKKBN.



"Padahal bisa itu (lalu lintas) dijadikan satu arah. Jadi sistemnya memutar kalau mau menuju Dinas Catatan Sipil. Kendaraan yang parkir pun ditata dengan sistem parkir lurus satu sisi," ujarnya.

Dia pun berjanji dalam beberapa hari ke depan akan memanggil Dinas Perhubungan Pangkep guna membahas persoalan parkir, pengalihan arus hingga masalah retribusi. Sebab kata dia, Dinas Perhubungan Pangkep juga masih dianggap belum berhasil memberikan PAD yang signifikan ditengah besarnya pengelolaan parkir.

Kepala Dinas Perhubungan, Abbas Hasan mengaku bahwa saat ini dirinya masih memikirkan cara pengelolaan parkir dan simulasi lalu lintas di area kantor DPRD Pangkep. Terkait pengelolaan parkir dan minumnya kontribusi, dia berdalih hal itu belum bisa diberikan hasil evaluasi sebab dinasnya baru beberapa bulan mengelola parkir.

Baca Juga: Dinas Penataan Ruang Pangkep Gelar Uji Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

"Kita belum evaluasi karena baru dua bulan. Kita akan bertahap. Kita juga belum menata secara baik karena masih akan mendata area parkir baru. Sebab kita akan tambah titik-titik parkir kedepannya," ujar Abbas.



(agn)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!