alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pendaftaran Penjaringan Ditutup, Adnan Tak Daftar di Demokrat Gowa

Herni Amir
Pendaftaran Penjaringan Ditutup, Adnan Tak Daftar di Demokrat Gowa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan. Foto: Sindonews/Dok

SUNGGUMINASA - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kabupaten Gowa, resmi menutup pengambilan formulir pendaftar bagi calon kepala daerah, Minggu (1/12/2019) hari ini.

Namun sampai batas akhir pendaftaran, petahana Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan diketahui belum juga mendaftarkan diri pada partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono tersebut.

Putra mendiang Ichsan Yasin Limpo ini memang memilih bungkam jika bicara soal pilkada. Ia belum pernah menyatakan kesiapannya untuk maju kembali.



"Kami telah menyetorkan daftar bakal calon bupati dan wakil bupati yang mendaftar selama penjaringan sesuai juknis DPD yang kami terima," kata Ketua Tim 9, Rizal Sailellah, Minggu (1/12/2019).

Selama dua pekan penjaringan dibuka, ada enam bakal calon yang mendaftar ke DPC Partai Demokrat Gowa. Pendaftar tersebut merupakan nama-nama baru untuk kontestasi Pilkada Gowa.

Adapun nama-namanya yakni Sugianto Pattanegara, Hasan Hasyim, Ria Efendi, Nurhikma Ola Daeng Cora, Sawaluddin Rala, serta Kaharuddin.

Pengurus DPC Demokrat Kabupaten Gowa langsung melaporkan penjaringan ini ke DPD Demokrat Sulawesi Selatan.

Pertemuan berlangsung di Sandeq Ballroom Hotel Claro, Jl AP Pettarani Kota Makassar, Minggu (1/12/2019).

"Kita melaksanakan tugas sesuai juklat dan juknis partai. Jika masih ada balon yang ingin mendaftar, tahap selanjutnya jadi wewenang DPD Sulsel," kata Sekretaris DPC Demokrat Gowa, Abd Haris Nursalam.

Demokrat merupakan parpol politik yang masuk tiga besar pemilihan legislatif di Kabupaten Gowa. Demokrat mengontrol enam kursi di DPRD Gowa. Sementara ambang batas pengusungan pasangan calon minimal sembilan kursi.

Selain Demokrat, Adnan juga tidak mendaftarkan diri pada sejumlah penjaringan parpol lain. Antara lain Golkar, PKS, hingga Gerindra.

Mantan anggota DRPD Sulsel ini hanya mendaftar pada PDI-Perjuangan, Partai Amanat Nasional (PAN), serta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Pendaftaran itu diwakili oleh orang dekat Adnan.

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Demokrat Sulawesi Selatan, Ni'matullah mengungkapkan dukungan terbuka kepada Adnan Purichta Ichsan.

Bahkan, Ni'matullah sempat berniat tidak membuka penjaringan calon kepala daerah (cakada) di Kabupaten Gowa.

Meski demikian, keinginan tersebut tidak diterima oleh DPC Partai Demokrat Gowa. Pengurus DPC memutuskan tetap buka penjaringan.

"Demokrat ada hubungan historis dan psikologis dengan Adnan (Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan). Ada kedekatan. Ngapain kita cari yang lain kalau dia sudah baik dan itu pertimbangannya," katanya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook