5 Makanan yang Harus Dihindari Jika Terinfeksi Covid-19

Jum'at, 05 Maret 2021 - 09:40 WIB
loading...
5 Makanan yang Harus Dihindari Jika Terinfeksi Covid-19
Terdapat sejumlah makanan yang harus dihindari pasien Covid-19. Foto: Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Mengonsumsi makanan sehat dan kaya nutrisi adalah hal wajib bagi penderita Covid-19 . Tujuannya untuk meningkatkan imun tubuh sehingga mampu bertahan terhadap gempuran virus yang menginfeksi.

Selain makanan wajib yang harus dikonsumsi, terdapat pula daftar makanan yang sebaiknya dihindari oleh orang yang terinfeksi Covid-19 . kandungan dalam makanan yang dikonsumsi berpengaruh terhadap imun tubuh, tentunya juga akan berdampak cepat atau lambatnya kesembuhan.

Seperti dilansir laman Times of India, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (Center for Disease Control and Prevention/CDC) menyatakan ketika seseorang sedang sakit maka harus makan makanan yang kaya vitamin dan mineral, seperti vitamin D dan C serta zinc, untuk pemulihan yang cepat.

Makan makanan yang kaya nutrisi khusus ini bahkan penting untuk pasien positif terinfeksi virus corona. Adapun makanan yang harus dihindari pasien Covid-19 karena dampaknya bisa meningkatkan peradangan dan mengganggu proses penyembuhan? Berikut daftarnya.

1. Gorengan
Makanan yang digoreng memiliki kandungan lemak tinggi sehingga bisa mendatangkan keburukan bagi tubuh dan menambah beban pada sistem kekebalan yang sudah terisi. Makanan yang digoreng berdampak negatif pada mikrobioma usus dan menekan fungsi kekebalan. Makanan ini juga meningkatkan kolesterol jahat yang meningkatkan risiko berbagai penyakit kardiovaskular.



2. Makanan kemasan
Jika Anda terinfeksi Covid-19 , makanan tinggi natrium, zat aditif, gula berlebih, dan pengawet termasuk yang jadi pantangan. Semua makanan ini menyebabkan peradangan yang dapat mengganggu proses penyembuhan.

Peradangan yang tinggi juga meningkatkan beban pada sistem kekebalan sehingga membuat lebih rentan terhadap penyakit. Seseorang yang sedang sakit juga tidak boleh makan keripik kentang dan makanan kemasan serupa lainnya secara diam-diam karena akan berdampak pada proses penyembuhan.

3. Minuman manis
Gula yang berlebihan dapat menyebabkan peradangan pada tubuh. Saat mengikuti diet anti-inflamasi, minuman manis harus dihindari. Katakan tidak pada minuman berkarbonasi dan soda untuk membantu tubuh Anda sembuh.

4. Makanan pedas
Disarankan untuk menghindari makanan pedas saat sedang pilek, batuk, atau flu. Ini karena makanan pedas dapat mengiritasi tenggorokan dan membuat makin batuk. Jika Anda mengalami hidung tersumbat, minumlah sup atau minuman panas untuk menghindari sinus. Pilih minuman yang lebih ringan.

5. Daging merah
Daging merah tidak boleh sering dikonsumsi, baik Anda menderita Covid-19 atau tidak. Makanan ini kaya akan lemak jenuh yang dapat meningkatkan peradangan.

Sebagai gantinya, tambahkan makanan yang memiliki lemak tak jenuh seperti alpukat, minyak zaitun, dan ikan yang kaya asam lemak omega 3. Untuk protein, pilih protein nabati seperti kacang-kacangan.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)