alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Paket Appi-Ical Diprediksi Sulitkan Kandidat Lain di Pilwalkot

Muhaimin
Paket Appi-Ical Diprediksi Sulitkan Kandidat Lain di Pilwalkot
Diskusi Politik terkait peluang kandidat di Pilwalkot Makassar yang digelar di Makassar, Minggu, (01/12/2019). Foto: Sindonews/Muhaimin Sanusi

MAKASSAR - Sejumlah figur terus bermunculan jelang pemilihan wali kota (Pilwalkot) Makassar 2020. Mulai dari wajah lama, hingga pendatang baru yang juga akan ikut meramaikan pesta demokrasi tersebut.

Hanya saja, figur wajah lama diyakini masih kuat dan sulit untuk ditumbangkan. Apalagi petarung-petarung lama ini ada yang bekerjasama atau berpaket untuk bersaing di Pilwalkot Makassar 2020.

Pernyataan itu muncul dalam diskusi politik yang bertemakan "Menakar Peluang Kandidat Pilwalkot Makassar 2020". Diskusi ini digelar di salah satu warung kopi di bilangan Toddopuli Raya, Minggu (1/12/2019).



Direktur Eksekutif PT General Survei Indonesia, Herman Lilo menjabarkan hasil risetnya yang baru dilakukan belum lama ini. Dimana, ada tiga nama yang memiliki persentase survei yang tinggi yakni Danny Pomanto, Munafri Arifuddin (Appi) dan Syamsu Rizal (Deng Ical).

“Berdasarkan hasil riset kami dari tanggal 8 sampai 18 November kemarin, elektabilitas Danny Pomanto sudah turun ke angka 32,4 persen. Posisi kedua, Appi 25 persen, posisi ketiga Deng Ical 14,3 persen, dan semua calon lainnya di bawah 5 persen,” ungkap Lilo.

Dia mengungkapkan, Deng Ical lemah dari sisi finansial sehingga akan kesulitan merebut rekomendasi partai politik sebagai tiket maju di Pilwalkot. Sehingga kata dia, posisi paling tepat bagi Ical hanyalah menggandeng calon yang memiliki modal finansial besar, yakni Appi.

“Danny-Ical sangat tidak mungkin kembali berpaket, karena konflik personal antar mereka. Berbeda dengan dengan potensi paket Appi-Ical karena dua orang ini memang masih memiliki komunikasi yang baik,” kata Lilo.

Direktur Eksekutif Nurani Strategic, Nurmal Idrus menuturkan dari hasil risetnya, ia membagi kandidat Pilwakot Makassar menjadi tiga level. Level pertama ialah yang memiliki nilai persentase survei yang tinggi.

"Menurut kami, beberapa nama yang masuk di level pertama ialah Danny, Appi, Ical dan satu lagi None (Irman Yasin Limpo). Keempat nama ini merupakan kandidat yang saat ini paling diperhitungkan," ujarnya.

Nurmal memaparkan, bahwa jika ada kandidat level satu yang berpaket, maka peluang menangnya tentu sangat besar. Mengingat keduanya memiliki tingkat persentase survei yang tinggi.

"Kalau kita lihat, di level satu itu hanya Appi-Ical yang paling berpeluang untuk berpaket. Sehingga jika kedua figur ini bersatu, maka peluang menang juga besar. Ini bisa menjadi kekuatan yang menyulitkan kandidat lain, termasuk Danny Pomanto," tuturnya.

Apalagi kata Nurmal, Appi dan Ical merupakan gerbong atau memiliki kedekatan dengan king maker politik Makassar saat ini yakni Ilham Arief Sirajuddin. Sehingga dia berpendapat, Appi dan Ical punya kans kuat berpaket di Pilwakot Makassar 2020.

"Sehingga jika Danny juga mau kuat, maka dia mesti menggandeng kandidat di level satu juga yakni None. Tapi saya rasa ini sulit terjadi. Namun bagaimana pun ini masih prediksi dan masih perlu untuk diperdebatkan," bebernya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook