alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Indra Sjafri Ungkap Penyebab Timnas Indonesia Kalah 1-2 dari Vietnam

Okezone
Indra Sjafri Ungkap Penyebab Timnas Indonesia Kalah 1-2 dari Vietnam
Pelatih Timnas Indonesia, Indra Sjafri. Foto: PSSI

JAKARTA - Tim nasional (Timnas) Indonesia gagal melanjutkan tren positifnya saat berjumpa Vietnam di babak penyisihan Grup B SEA Games 2019. Anak asuh Indra Sjafri menyerah dengan 1-2.

Usai kekalahan itu, Indra dalam keterangannya mengungkap apa yang menjadi penyebab kekalahan anak asuhnya tersebut. Salah satunya adalah faktor kegagalan memaksimalkan strategi bertahan mereka dengan baik. (Baca juga: Sempat Unggul, Timnas Indonesia U-23 Malah Takluk dari Vietnam)

Menurut pelatih berusia 56 tahun ini, strategi deep defending miliknya tak berjalan seperti yang sudah mereka rencanakan sebelumnya. Hal itu terjadi di babak kedua. Akibat kegagala itu, Vietnam pun berhasil mencetak dua gol di babak kedua, sementara Timnas Indonesia U-22 justru tak menambah gol sama sekali.



Selain dari strategi deep defending, Indra juga merasa Timnas Indonesia U-22 cukup lemah menghadapi set-piece dari Vietnam. Terbukti di gol pertama Vietnam, Timnas Indonesia U-22 kebobolan dari sundulan Nguyen Thanh Chung yang berawal dari sepak pojok.

Indra merasa permainan Vietnam benar-benar telah berkembang pesat dari pertemuan terakhir mereka. Makanya, Indra mengakui sulit menghadapi Vietnam pada pertandingan yang berlangsung di Stadion Rizal Memorial tersebut.

“Di sepakbola semua bisa terjadi, tapi pertanyaan adalah kenapa bisa dari set-piece lagi? Itu tentu menjadi PR kami ke depan. Kami tahu kemajuan dari Vietnam yang biasanya (bermain) position sekarang lebih bagus dan bola-bola set-piece juga ada kemajuan serta sangat berbahaya untuk tim lawannya,” kata Indra, seperti laporan yang didapatkan Okezone, Senin (2/12/2019).

Terlepas dari itu semua, Indra mengaku kekalahan dari Vietnam menjadi pelajaran yang baik untuk Timnas Indonesia. Indra mengaku akan segera melakukan evaluasi dan membuat timnya tersebut jauh lebih baik lagi agar bisa meraih hasil positif di dua laga selanjutnya.

“Babak kedua Vietnam mengambil keuntungan dari set-piece dan kami juga harus menerima risiko dari bermain deep defending. Tentu itu akan menjadi perbaikan yang akan kami lakukan untuk ke depannya,” tutupnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook