alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Baznas Maros Siap Terjun Langsung Tanggap Bencana

Najmi Limonu
Baznas Maros Siap Terjun Langsung Tanggap Bencana
Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Maros mengadakan pelatihan dasar tanggap bencana kepada relawan. Foto : SINDOnews/Najmi Limonu

MAROS - Tak ingin hanya sekadar menyalurkan bantuan bencana namun juga ingin terjun langsung membantu dan tanggap bencana,  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Maros mengadakan pelatihan dasar tanggap bencana kepada relawan.

Ketua Baznas Kabupaten Maros, Andi Said Patombongi menjelaskan, relawan tersebut dikumpulkan dari organisasi keagamaan, BKPRMI dan Bulan sabit merah BSM).
Menurutnya, kegiatan latihan dasar tanggap bencana ini diperlukan untuk mengantisipasi bencana yang terjadi. Apalagi kata dia, Kabupaten Maros merupakan salah satu kabupaten yang sering terjadi bencana.

"Kecamatan Maros merupakan salah satu daerah rawan bencana. Relawan yang memiliki kemampuan dasar tanggap bencana sangat dibutuhkan di sini agar lebih siap saat bencana benar-benar terjadi. Walaupun tim tanggap bencana bentukan Baznas ini bukanlah pemeran utama saat bencana terjadi, namun setidaknya mereka sudah ada brkal ilmu untuk menjadi relawan saat terjadi bencana di daerah masing-masing," jelasnya.



Dia menuturkan, nantinya Baznas tak hanya sekadar berperan untuk menyalurkan bantuan. Tetapi ikut terjun langsung ke lapangan memberikan pertolongan kepada masyarakat yang daerahnya dilanda bencana, sehingga dapat mendorong semangat hidup masyarakat seperti sediakala.

Dia mengatakan, Baznas Tanggap Bencana merupakan sebuah inovasi baru yang dilakukan Baznas dalam hal kebencanaan. Di Sulsel sendiri kata mantan Anggota DPRD Kabupaten Maros dua periode ini, baru kabupaten Maros yang melakukan kegiatan ini.

Sementara itu salah satu peserta pelatihan manajemen tanggap bencana Ismail Assegaf menuturkan, dengan diadakan kegiatan latihan kepada relawan Baznas tanggap bencana ini merupakan upaya positif dalam hal penanggulangan bencana.



(sss)

loading...
Berita Terkait
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook