alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

GenBI Sulsel Gandeng BI Gelar Bersih-bersih dan Tanam Mangrove

Abdoellah Nichola
GenBI Sulsel Gandeng BI Gelar Bersih-bersih dan Tanam Mangrove
Direktur BI Sulsel, Endang Kurnia Saputra menyerahan secara simbolis 1.500 bibit mangrove kepada Ketua Pengelola Ekowisata Lantebung. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Generasi Baru Indonesia (GenBI) Sulsel, bekerja sama Bank Indonesia (BI) menggelar sejumlah kegiatan sosial termasuk menanam pohon mangrove dan melakukan bersih-bersih lingkungan.

Kegiatan yang digelar selama dua hari, Sabtu (30/11) hingga Minggu (1/12), dipusatkan di kawasan Hutan Mangrove Lantebung, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea Makassar, yang diberi nama Bersih Indonesia 2019.

Selain menggelar bersih-bersih, BI dan GenBI Sulsel juga menggelar penanam mangrove, bukan itu saja, kegiatan ini juga dilengkapi dengan Workshop Pengelolaan Sampah serta kiat-kiat bagaimana menjaga lingkungan.



Kegiatan ini dihadiri dan dibuka langsung oleh Direktur BI KPw Sulawesi Selatan, Endang Kurnia Saputra yang juga dihadiri Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulsel, Andi Suraffo, Camat Tamalanrea, Kaharuddin Bakti, Lurah Bira, Muh Kasim dan Kepala Kelompok Sadar Ekowisata Lantebung Sarabba, serta berbagai Komunitas-komunitas Peduli Lindungan.

Ketua Umum GenBI Sulsel, Andi Muh Alif Ichwan menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan besar yang digelar setiap tahun oleh GenBI bersama BI Sulsel sebagai representatif Program Sosial Bank Indonesia (PSBI) untuk berkontribusi dalam membantu masalah sosial ekonomi masyarakat.

“Bank Indonesia sebagai agent of change, berupaya untuk memberikan dedikasi terbaik untuk negeri, salah satunya melalui kegiatan yang dilakukan bersama GenBI,” katanya.

Dia menyebutkan, tujuan Bersih Indonesia 2019 ini ialah meningkatkan kepekaan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan ekowisata di Lantebung, melatih kemampuan masyarakat dalam pengelolaan sampah, serta mendukung pengadaan fasilitas ekowisata lantebung.

“Jadi program kerja yang dilaksanakan ialah penanaman bibit mangrove sebanyak 1.500 bibit mangrove, sehingga kedepannya Lantebung nantinya menjadi hutan mangrove besar yang bisa meningkatkan nilai ekonomi dan bisa mendatangkan banyak wisatawan untuk berkunjung,” katanya.

Alief berharap bahwa dengan menjadi frontliner, GenBI Sulsel dapat berkontribusi sebesar-besarnya dan sebaik-baiknya khususnya untuk masyarakat Sulawesi Selatan dan semangat tidak pernah padam terhadap Peduli Lingkungan.

“Semoga dengan diadakannya kegiatannya ini selalu ada evoluasi dan pengembangan, sehingga Bersih Indonesia bisa menjadi Representasi GenBI Sulsel untuk menunjukkan eksistensinya sebagai Front-liner Bank Indonesia,” ujarnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook