alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemprov Terima 38 Ambulans-Damkar Hibah dari Jepang

Syachrul Arsyad
Pemprov Terima 38 Ambulans-Damkar Hibah dari Jepang
Pemprov Sulsel sudah menerima bantuan ambulans dan damkar dari Jepang. Foto: Ilustrasi

MAKASSAR - Pemprov Sulsel akhirnya menerima total 38 unit kendaraan operasional berupa ambulans dan mobil pemadam kebakaran (damkar) yang merupakan bantuan hibah dari Jepang.

Bantuan hibah kendaraan untuk Pemprov Sulsel ini diketahui berasal dari Ehime Toyota Motor Corporation Japan dan Kochi Toyota Motor Corporation. Dari total 38 kendaraan, 27 unit diantaranya mobil damkar dan 11 lainnya berupa ambulans.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mengaku, bantuan hibah Jepang ini nantinya bakal disebar ke berbagai daerah di Sulsel. Sebagai kendaraan operasional untuk kabupaten/kota sebagai kendaraan tanggap bencana.



Meski begitu, sebelum disebar ke kabupaten/kota, penyerahan secara resmi dari Jepang ke Sulsel atas hibah ini akan dilakukan secara simbolis lebih dulu. Pengurusan administrasi atas kendaraan itu juga akan dilengkapi.

Nurdin mengaku, pihaknya akan mempersiapkan terlebih dahulu mengurus kelengkapan administrasinya ke Bea Cukai. Menurutnya, hal ini menjadi bagian tahapan yang mesti dilakukan sebelum dibagi ke kabupaten/kota di Sulsel nantinya.

"Hibah ini harus kita usulkan dulu ke bea cukai. Tidak bisa serta merta diberikan ke daerah. Jadi peruntukkannya. Misalnya nanti akan diserahkan ke Gowa, manfaatnya untuk apa. Jadi kita perbaiki dulu administrasi," kata Nurdin yang ditemui.

Diketahui, 38 unit ambulans dan damkar itu sudah berada di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel. Nurdin sebelumnya telah melakukan pengecekan kendaraan hibah tersebut secara langsung.

Sebelumnya, bantuan hibah ini datang secara bertahap yang dibawa via jalur laut. Dimana pada tahap pertama, 12 unit kendaraan. Sementara sisanya pada tahap kedua sebanyak 26 ambulans dan damkar tiba pada pekan lalu.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook