alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sempat Viral, Pelaku Eksploitasi Anak Kandung di Makassar Ditangkap

Faisal Mustafa
Sempat Viral, Pelaku Eksploitasi Anak Kandung di Makassar Ditangkap
Pelaku eksploitasi anak saat dinterogasi penyidik kepolisian. Foto: Sindonews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Seorang ibu rumah tangga bernama Saminah (34), terpaksa harus berurusan dengan aparat kepolisian lantaran diduga melakukan penganiayaan serta eksploitasi anak kandungnya sendiri.

Aksi kekerasan dilakukan terhadap anaknya sempat heboh di sosial media, melalui rekaman video amatir yang mempertontonkan kekerasan fisik dengan menampar seorang bocah perempuan di depan parkiran Mall Panakkukang.

Belakangan, diketahui anak perempuan dalam video amatir berdurasi kurang dari satu menit itu, berinisial SR (9) yang tak lain anak kandung pelaku. Selain menampar di video tersebut mempertontonkan jambakan Suminah terhadap anaknya yang masih berstatus pelajar itu.



Kapolsek Panakkukang, Kompol Jamal Fatur Rakhman mengatakan, pihaknya langsung melakukan penyelidikan dibantu dengan Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polrestabes Makassar dan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kota Makassar.

Alhasil, Suminah dibekuk dirumahnya Jalan Adhyaksa, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, Senin (02/12) sekitar pukul 22.35 Wita.

"Kita amankan seorang ibu-ibu terkait video viral seorang anak-anak yang dipukul oleh ibu-ibu ini. Sampai sekarang masih kita tahan atas dugaan ekspolitasi anak,” terang Jamal saat ditemui di Mapolsek Panakkukang, Selasa, (03/12//2019).

Dari hasil Berita Acara Pemeriksaan (BAP), terungkap selain menganiaya seperti dalam rekaman video amatir, Saminah juga menyuruh anaknya untuk mengemis agar kebutuhan untuk keperluan sehari-hari bisa tercukupi.

Diterangkan Jamal, kebutuhan yang dimaksud, selain untuk makan, juga untuk membayarkan sejumlah pinjaman orang tuanya.

“Alibi dari pelaku tersebut anak ini memakai uangnya itu untuk sebagai uang jajan juga dan untuk bayarkan arisan ada juga. Tapi kita masih dalami lagi,” ungkapnya.

SR sendiri, kata Jamal merupakan anak ketiga dari enam bersaudara, ibu dan ayahnya sama-sama berprofesi sebagai pemulung. Pendidikan bocah yang masih duduk di kelas tiga sekolah dasar ini terpaksa terganggu akibat dipaksa mengemis oleh ibunya.

Kepada penyidik, Saminah mengaku nekat melakukan eksploitasi ekonomi lantaran terlilit utang.

“Dia (SR) disuruh mengemis selama kurang lebih dua tahun. Makanya sekolahnya agak terganggu,” terang mantan Wakasat Reskrim Polrestabes Makassar ini.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook