alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

DPD RI: Mamuju Sudah Memenuhi Persyaratan untuk Menjadi Kota

Abdoellah Nichola
DPD RI: Mamuju Sudah Memenuhi Persyaratan untuk Menjadi Kota
Gedung MPR/DPR/DPD di Senayan, DKI Jakarta. Foto: SINDOnews

MAMUJU - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI akan mendukung penuh pembentukan Kota Mamuju dan Kabupaten Balanipa. Hal tersebut dikemukakan Wakil Ketua II Komite I DPD, Djafar Alkatiri usai menerima dokumen usulan pembentukan dari Wagub Sulbar, Enny Anggraeni Anwar di Mamuju, Selasa (3/12/2019).

Menurut Djafar, pembentukan Kota Mamuju tidak akan sulit diwujudkan, sebab hanya melakukan peralihan status dari kabupaten menjadi kota, yang tidak banyak memerlukan persyaratan, baik kapasitas daerah maupun administrasi daerah.

“Kita harap pemerintah akan lebih fleksibel karena ini bukan pemekaran, namun hanya perubahan alih status wilayah administrasi dari kabupaten menjadi kota. Saya kira Mamuju ini sudah memenuhi persyaratan bahkan melampaui untuk menjadi kota,” katanya seperti dilansir dari Antaranews.



Dia menyatakan, DPD dan DPR RI berkomitmen memberikan perhatian penuh terhadap peralihan Kabupaten Mamuju menjadi Kota.

Selain Sulbar, lanjut Djafar, masih ada tiga provinsi lainnya di Indonesia yang ibu kotanya masih berstatus kabupaten, yang juga diharapkan segera beralih status menjadi kota yakni, Papua Barat (Manokwari), Maluku Utara (Sofifi) dan Kalimantan Utara (Tanjung Selor).

“Kita berharap bukan hanya Mamuju, tiga provinsi lainnya juga sudah bisa dialihkan statusnya menjadi kota. Ini perintah dan harapan dari undang-undang,” tandasnya.

Berbeda dengan pembentukan Kota Mamuju, Djafar menuturkan bahwa pembentukan Kabupaten Balanipa, masih akan menunggu kebijakan moratorium pemekaran wilayah dicabut. Meski demikian katanya, DPD RI bersama DPR RI akan tetap mengusulkannya, sehingga apabila moratorium pemekaran wilayah sudah dicabut, maka usulan pembentukan Kabupaten Balanipa bisa masuk dan menjadi prioritas.

Terkait kunjungan Komite I DPD RI di Sulbar, Djafar mengatakan, agenda utama, untuk melakukan evaluasi dan menyerap informasi aspirasi terhadap pelaksanaan Pilkada serentak pada 2020, serta menerima masukan terhadap pelaksanaan otonomi dan pemerintahan daerah.

Selain Senator Djafar Alkatiri (Dapil Sulawesi Utara) yang memimpin kunjungan kerja Komite I DPD RI ke Sulbar, juga turut hadir empat delegasi lainnya, yakni Senator Almalik Pababari (Dapil Sulawesi Barat), Senator Ahmad Bastian SY (Dapil Lampung), Senator Abdul Rachman Thaha (Sulawesi Tengah) dan Senator Abbdurrahman Abubakar Bahmid (Dapil Gorontalo).



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook