alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Bamsoet Mundur, Airlangga Hartarto Diyakini Melenggang Mulus

Rakhmatulloh
Bamsoet Mundur, Airlangga Hartarto Diyakini Melenggang Mulus
Persaingan kursi Golkar satu sudah selesai setelah Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyatakan mundur dari pencalonan sebagai ketua umum dalam Munas X Partai Golkar. Foto/Ilustrasi

JAKARTA - Keputusan Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengundurkan diri dari pencalonan meringankan langkah Airlangga Hartarto mempertahankan posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Airlangga diyakini akan melenggang mulus kembali dipilih menjadi 01 Golkar pada Munas partai berlambang beringin tersebut.

Direktur Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno, bahkan mengatakan persaingan menjadi pimpinan Golkar sudah selesai setelah Bamsoet mundur dari pencalonan. Toh, keberadaan calon lain disebutnya hanya sekadar meramaikan.

"Bisa dipastikan Airlangga yang menang karena calon yang lain terlihat meramaikan saja," kata Adi saat dihubungi SINDOnews, Rabu (4/12/2019).



Namun demikian, alasan mundurnya Bamsoet banyak disorot karena terkesan normatif. Misalnya alasan soliditas, arahan senior Golkar, dan lain-lain. "Yang jelas logika awam menduga ada alasan sangat penting yang memaksa Bamsoet harus mundur. Soal itu hanya Bamsoet dan Tuhan saja yang tahu," ungkapnya.

Adi menilai mundurnya Bamsoet ini menjadi bekal bagus buat Golkar ke depan karena tak lagi ada friksi di internal. Bekal itu penting untuk menyongsong pilkada serentak 2020 dan 2022 serta pemilu 2024.

Menurut Adi, yang paling penting 5 tahun ke depan Golkar harus ke luar dari kutukan runner up di pileg dan spesialis wakil presiden. "Ketua Golkar terpilih harus jadi capres di masa mendatang," ucap analis politik asal UIN Jakarta ini.

Ditambahkan dia, sebagai partai modern Golkar harus tampil terdepan merespons isu-isu aktual sensitif seperti wacana pilkada dipilih DPRD, Pilpres oleh MPR, dan jabatan presiden 3 periode. "Golkar mesti mendorong demokrasi tumbuh mekar," pungkasnya.



(tyk)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook