Pelayanan Kesehatan PSC 119 Kabupaten Luwu Sentuh Warga Terpencil

Minggu, 07 Maret 2021 - 14:48 WIB
loading...
Pelayanan Kesehatan PSC 119 Kabupaten Luwu Sentuh Warga Terpencil
Masyarakat di wilayah pegunungan tepatnya di Desa Kanna Utara, Desa Sinaji dan Buntu Batu Kecamatan Bastem, antusias menjalani pemeriksaan gratis yang diberikan PSC 119 Luwu. Foto: Chaeruddin
A A A
BELOPA - Pelayanan kesehatan Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Luwu terus diupayakan semaksimal mungkin menyentuh seluruh lapisan masyarakat.

Tidak hanya di wilayah perkotaan, masyarakat di wilayah pegunungan juga kini mendapat akses pelayanan kesehatan PSC 119 Luwu . Diantaranya Desa Kanna Utara, Desa Sinaji dan Buntu Batu, Kecamatan Bastem. Mereka tampak antusias menjalani pemeriksaan gratis yang diberikan PSC 119 Luwu , selama dua hari, Sabtu dan Minggu (6-7/3/2021).

Kegiatan yang berupa bakti sosial tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan dan sunatan massal bagi anak-anak di Kecamatan Bastem. Layanan kesehatan tersebut diberikan secara gratis tanpa dipungut biaya.

Ketua Harian PSC 119 Luwu , dr Daud Mustakim, menyampaikan sejak dikukuhkan beberapa waktu lalu, salah satu agenda rutin PSC 119 Luwu adalah memastikan layanan kesehatan bagi masyarakat yang tinggal di wilayah terpencil, termasuk diantaranya Kecamatan Bastem dan Latimojong.

"Kegiatan bakti sosial ini merupakan agenda rutin PSC 119 Luwu . Sesuai arahan Ketua Umum kami, Andi Muhammad Arham Basmin, kegiatan pemeriksaan sekaligus pengobatan dan sunatan bagi masyarakat di Kecamatan Bastem dilaksanakan tanpa memungut biaya sepeserpun," ujarnya.



dr Daud Mustakim, yang juga Direktur RSUD Batara Guru ini, menyampaikan kegiatan bakti sosial tersebut juga merupakan rangkaian dari agenda orientasi pengurus dan program sosialisasi PSC 119 Luwu .

"Tim PSC 119 Kab Luwu sejak dilantik pada bulan Desember tahun 2020 lalu, telah melakukan berbagai pelayanan kesehatan kegawat daruratan, home care dan pelayanan ambulans," katanya.

"Sehingga untuk mendekatkan pelayanan kesehatan ini, maka dianggap perlu adanya sosialisasi, agar masyarakat lebih memahami pelayanan kesehatan yang diberikan oleh Tim PSC 119 . Dan komitmen kami, memberikan pelayanan kesehatan di tempat atau rumah dan kampung penduduk," lanjutnya.

Camat Bastem, Syamsudding yang didampingi oleh Kepala UPTD Puskesmas Bastem, Arif dan Kepala Desa Kanna Utara, Gazali Nursalam, menyampaikan terima kasih atas kegiatan yang dilaksanakan oleh PSC 119 Luwu di wilayah kerjanya.

"Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Tim PSC bekerjasama Dinas Kesehatan yang menggelar kegiatan pemeriksaan kesehatan dan sunatan secara gratis. Kami sangat merespons dan bersama Kepala Desa serta Kepala UPTD membantu memediasi kegiatan tersebut," ucap Syamsudding.

Untuk diketahui, ada sekitar 55 warga yang ikut memeriksakan kondisi kesehatan mereka serta 12 orang anak yang disunat. Dalam proses pemeriksaan ini, petugas tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran Covid-19 .

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1831 seconds (0.1#10.140)