Antisipasi Penyebaran Varian Baru Corona, Pengawasan di Bandara SHIAM Diperketat

Minggu, 07 Maret 2021 - 16:25 WIB
loading...
Antisipasi Penyebaran Varian Baru Corona, Pengawasan di Bandara SHIAM Diperketat
Terminal keberangkatan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Foto: SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAROS - Pengawasan di pintu masuk Bandara Sultan Hasanuddin Makassar (SHIAM) , utamanya di areal terminal kedatangan akan diperketat. Kebijakan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran varian baru virus corona B177 .

Airport Duty Manager Angkasa Pura I , Totok Endro Cahyono, sejumlah persiapan telah dijalankan oleh pihak SHIAM bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Makassar.



”Sejauh ini pengelola Bandara Makassar dalam hal ini Angkasa Pura 1 bersama pihak KKP kelas 1 Makassar dan tim Satgas Covid telah meningkatkan penjagaan di area bandara, khususnya pada gerbang pintu kedatangan bandara, begitupun sebaliknya, di pintu keberangkatan," ungkapnya, Minggu (7/3/2021).

Totok menerangkan, pada pintu gerbang kedatangan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar , sudah ada petugas KKP yang melakukan pemeriksaan khusus kepada setiap penumpang yang baru saja tiba di Sulsel melalui bandara.

”Warga Sulsel tak perlu panik tetapi cukup waspada dan menaati protokol kesehatan . Pada gerbang pintu masuk bandara ini sudah ada petugas dari KKP Kelas 1 Makassar yang melakukan pemeriksaan, khusus kepada para penumpang yang baru saja turun dari pesawat, mereka bekerja keras untuk mengantisipasi varian baru itu," lanjutnya.



Ke depannya, manajemen SHIAM kata Totok akan menerapkan penggunaan GeNose di bandara sesuai dengan arahan Kemenhub yang akan mengizinkan penggunaan GeNoze pada transportasi udara mulai April 2021 mendatang.

“Saat ini materi yang akan disiapkan yakni penggunaan GeNose di bandara sebab sudah ada wacana Bapak Menteri Perhubungan dalam waktu dekat ini terkait penggunaan GeNose saat akan naik pesawat, penerapan alat tes kesehatan ini diyakini dapat menjadi alternatif dan opsi dari tes yang ada sekarang seperti swab PCR dan test antigen," tambahnya.

Sementara itu, hingga saat ini, SHIAM masih meniadakan penerbangan internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4642 seconds (0.1#10.140)