TOPIK TERPOPULER

Anggaran Revitalisasi Terminal Lumpue Rp30,7 Miliar

Darwiaty Dalle
Anggaran Revitalisasi Terminal Lumpue Rp30,7 Miliar
Suasana Terminal Regional Daya yang sepi dari aktivitas penumpang. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman

PAREPARE - Terminal Induk Lumpue Kota Parepare di Kelurahan Lumpue, Kecamatan Bacukiki Barat masuk dalam program revitalisasi Kementerian Perhubungan. Terminal ini merupakan salah satu dari beberapa terminal tipe A di Indonesia.

Baca juga: Fasilitas Khusus Anak Akan Dihadirkan di Pasar Sumpang Minangae

Kepala Terminal Tipe A Induk Lumpue Parepare, Baharuddin mengatakan, sejauh ini terminal angkutan darat tersebut hanya difungsikan untuk menaikkan dan menurunkan penumpang dan barang saja, namun pada revitalisasi tahun ini, nuansa wisata juga akan hadir di terminal tersebut.

"Akan menjadi terminal wisata. Masyarakat penumpang, nantinya bisa menikmati suasana terminal layaknya bandara. Akan dilengkapi beberapa fasilitas, agar pengunjung yang ada di terminal nantinya tidak jenuh saat berada di ruang tunggu,” papar Baharuddin.

Program revitalisasi terminal, kata Burhanuddin, akan dilakukan secara bertahap karena anggaran tahap pertama dikucurkan oleh pemerintah sekitar Rp 25,7 miliar. Sementara tahap kedua kata dia, sebesar Rp5 miliar untuk pembangunan taman dan kanopi.



Baca juga: Taufan Pawe Tinjau Pasar Sumpang Jelang Sertifikasi Pasar SNI

Untuk peresmian, tambah Burhanuddin, akan dilakukan pemerintah pusat pada tahun 2022 mendatang. "Bersamaan akan difungsikan setelah seluruh tahapan revitalisasi rampung," tandasnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!