alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Selama 3 Hari, Tim Akreditasi Kemenkes Survei Puskesmas Lakawali

Fitra Budin
Selama 3 Hari, Tim Akreditasi Kemenkes Survei Puskesmas Lakawali
Tim akreditasi Kemenkes RI melakukan survei selama tiga hari di Puskesmas Lakawali, Kabupaten Lutim. Foto: SINDOnews/Fitra Budin

MALILI - Tim Survei Akreditasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI akan melakukan akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di Puskesmas Lakawali, Kabupaten Luwu Timur (Lutim). Survei diagendakan berlangsung selama tiga hari, mulai hari ini, Kamis hingga Sabtu (5-7/12/2019).

Pelaksanaan survei dilakukan guna menilai sekaligus melihat langsung keadaan Puskesmas Lakawali. Adapun tim survei yang datang yakni Mochammad Sochid dari Administrasi Manajemen, Yostina Yudha Nita dari Usaha Kesehatan Masyarakat dan Suhartono dari Usaha Kesehatan Perorangan.

Kepala Puskesmas Lakawali, Mahfud Burhami, menyampaikan dalam tiga hari ke depan, pihaknya siap untuk dinilai. Ia berharap dalam survei ini, pihaknya bisa mendapatkan masukan, juga tambahan ilmu, khususnya untuk tim medis dalam rangka pengembangan potensi diri dan peningkatan pelayanan.



Di hadapan tim survei, Mahfud menjelaskan sejarah singkat Puskesmas Lakawali yang diresmikan tepat pada HUT RI ke-72 pada tahun 2017. Puskesmas ini mulai beroperasi sejak 19 September 2017 setelah izin operasonal diterbitkan oleh DPMPTSP dengan jumlah tenaga dokter 2 orang dan paramedis kurang lebih 80 orang.

Ia juga menyampaikan bahwa Puskesmas yang dibangun sejak tahun 2015 ini telah mendapatkan registrasi penetapan kode Puskesmas pada 3 Oktober 2018 dari Direktur Pelayanan Kesehatan Primer Kemenkes RI.

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Lutra, Aini Endis Anrika, mengharapkan dengan adanya akreditasi ini, akan ada upaya perbaikan yang dilakukan puskesmas. Semua itu demi perbaikan mutu, peningkatan kinerja dan penerapan manajemen resiko secara berkesinambungan.

"Mudah mudahan kehadiran tim survei dari Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan dapat memberikan motivasi dan perubahan kepada seluruh tenaga kesehatan dalam melakukan pelayanan kesehatan di puskesmas ini," harap Aini Endis.

Lebih lanjut, ia menyampaikan bahwa berdasarkan roadmap akreditasi puskesmas lingkup Lutim, jumlah puskesmas yang telah diakreditasi sebanyak 16 Puskesmas termasuk Puskesmas Lakawali. Ada satu puskesmas yang belum terakreditasi yakni Puskesmas Parumpanai di Kecamatan Wasuponda. Disebutnya pula ada tujuh puskesmas yang berstatus re-akreditasi.

Sementara itu, Mochammad Sochid mewakili tim survei akreditasi Kemenkes mengungkapkan akreditasi merupakan suatu proses penilaian eksternal oleh Komisi Akreditasi terhadap puskesmas. Pihaknya ingin menilai apakah sistem manajemen mutu serta sistem penyelenggaraan pelayanan dan upaya pokok sudah dijalankan sesuai dengan standar yang ditetapkan.

“Selama tiga hari ke depan kami bersama-sama terlibat langsung dalam pelaksanaan pelayanan Puskesmas Lakawali”, tandasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook