Pemerintah Siapkan BLT Calon Pengantin Rp3,5 Juta, Ini Tujuannya

Minggu, 07 Maret 2021 - 23:10 WIB
loading...
Pemerintah Siapkan BLT Calon Pengantin Rp3,5 Juta, Ini Tujuannya
Resepsi pernikahan di salah satu hotel di Kota Makassar yang menerapkan protokol kesehatan. Foto: SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bantuan langsung tunai (BLT) untuk calon pengantin lewat program kartu prakerja rencananya digulirkan tahun ini. Diharapkan, bantuan ini bisa meningkatkan ekonomi pasangan yang baru saja menikah.

" Kartu prakerja ini merupakan jenis bantuan dari pemerintah untuk calon pengantin yang ingin menikah. Harapannya setelah menikah mereka akan mempunyai kehidupan ekonomi yang baik sehingga tidak lahir keluarga miskin baru," ujar Sesmenko Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) , Y.B Satya Sananugraha dalam keterangannya di website kemenkopmk.go.id baru-baru ini.



Sesmenko PMK mengatakan, percepatan implementasi bantuan tersebut bagi calon pengantin diperlukan untuk mencegah munculnya keluarga miskin baru.

Mengingat, berdasarkan data jumlah penduduk miskin pada Maret 2020 sebesar 9,78% atau meningkat 0,56% poin dari September yang berjumlah 24,79 juta orang. Sedangkan jumlah angkatan kerja di Indonesia saat ini sebanyak 138,22 juta orang dengan jumlah pengangguran 9,77 juta orang.

Nantinya, pemerintah akan mencari daerah yang bakal dijadikan pilot project atau proyek percontohan. Khususnya, daerah dengan tingkat kemiskinan tinggi atau angka pengangguran yang tinggi akibat terdampak Covid-19 dan belum tersentuh bantuan pemerintah baik reguler maupun nonreguler.



Di samping itu, bakal dilakukan integrasi dan sinkronisasi data calon pengantin yang tergolong miskin yang ada di Kementerian Sosial , Kementerian Agama , maupun Data Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil).

"Bila diperlukan misalnya Perpres, Permen, atau surat edaran bersama sebagai aspek legal maka ini harus disiapkan agar yang menjadi amanat dari Pak Menko terkait kartu prakerja bagi catin bisa segera diimplementasikan," ucap dia.

Sebagai informasi, BLT yang disalurkan dalam program kartu prakerja sebesar Rp3,55 juta degan rincian Rp600.000 untuk biaya pelatihan setiap bulan selama empat bulan atau total Rp2,4 juta dan Rp1 juta sebagai insentif biaya pelatihan dan Rp150 ribu sebagai biaya survei.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2132 seconds (0.1#10.140)