Ini 6 Manfaat Konsumsi Kacang Hijau, Bisa Cegah Kanker Lho

Senin, 08 Maret 2021 - 09:05 WIB
loading...
Ini 6 Manfaat Konsumsi Kacang Hijau, Bisa Cegah Kanker Lho
Bila dikonsumsi secara rutin, kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Kacang hijau sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Karena dikonsumsi dalam berbagai bentuk olahan, mulai dari sup kalengan, hidangan restoran hingga bubuk protein. Kacang hijau dapat dikonsumsi secafa difermentasi, dimasak, digiling dan dalam bentuk tepung.

Kandungan nutrisi kacang hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Kacang hijau adalah salah satu sumber protein nabati terbaik dan memiliki aktivitas biologis termasuk antioksidan, antimikroba, anti-inflamasi, akomodasi metabolisme lipid, antihipertensi, antihipertensi, antidiabetik, dan efek antitumor.

Selain itu, kacang hijau juga adalah sumber protein, serat, antioksidan dan fitonutrien yang tinggi. Kandungan nutrisi yang tinggi membuat kacang hijau bermanfaat dalam memerangi beberapa penyakit kronis yang berkaitan dengan usia serta penyakit jantung, kanker, diabetes dan obesitas.

Berikut adalah manfaat Kacang Hijau seperti dilansir laman Boldsky.

1. Mengurangi tekanan darah
Kaya akan nutrisi, kacang hijau memiliki kemampuan untuk membatasi timbulnya penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi. Ekstrak dari kacang-kacangan terbukti menurunkan tingkat tekanan darah sistolik, karena sifat antihipertensi dari kacang hijau dapat membantu untuk mengurangi penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan tekanan darah meningkat.



2. Meningkatkan kekebalan tubuh
Kacang hijau adalah sumber fitonutrien yang baik, yang memiliki sifat antiinflamasi dan antimikroba sehingga membantu meningkatkan kekebalan Anda dan melawan bakteri berbahaya, pilek, virus, iritasi, ruam, dan lain-lain.

3. Mencegah penyakit kardiovaskular
Kacang hijau dapat membantu dalam mengatur tingkat kolesterol dengan menghilangkan radikal bebas, mengurangi peradangan dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan pembuluh darah.

4. Mencegah kanker
Tingginya jumlah oligosakarida dan polifenol (asam amino) dalam kacang hijau dapat membatasi timbulnya kanker. Demikian juga, sifat antioksidan kacang hijau bermanfaat dalam melindungi tubuh Anda dari kerusakan DNA dan mutasi sel berbahaya.

5. Membantu penurunan berat badan
Kandungan protein dan serat yang tinggi dalam kacang hijau dapat meningkatkan rasa kenyang, ini membuat seseorang untuk mengunyah makanan dan camilan yang tidak sehat secara konstan, sehingga meningkatkan penurunan berat badan.

6. Mengurangi gejala PMS
Kandungan Vitamin B dalam kacang hijau seperti vitamin B6 dan folat memainkan peran penting dalam mengendalikan fluktuasi hormon, dan dapat mengelola gejala parah yang berkaitan dengan PMS.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)