alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Perda Perubahan OPD Usulan Pemrov Sulsel Disetujui Kemendagri

Syachrul Arsyad
Perda Perubahan OPD Usulan Pemrov Sulsel Disetujui Kemendagri
Kantor Gubernur Sulsel. Usulan perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang diajukan Pemprov Sulsel disetujui Kemendagri. Foto: SINDOnews/Ilustrasi

MAKASSAR - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menyetujui draf peraturan daerah (perda) tentang perubahan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru yang diajukan Pemprov Sulawesi Selatan (Sulsel).

Hal ini dibenarkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Sulsel, Andi Misna. Dia mengatakan, perda perubahan OPD baru Pemprov Sulsel oleh Kemendagri telah ditetapkan 22 November 2019.

Peraturan gubernur (pergub) sebagai tindak lanjut atas penetapan perda perubahan OPD itupun sudah ditandatangani Gubernur Sulsel setelah melalui konsultasi di Kemendagri.



"Sudah selesai. Sudah diundangkan 22 November 2019 lalu. Sudah selesai semua, termasuk pergubnya juga. Pak gubernur juga sudah tandatangani pergubnya" beber Mirna, Kamis (6/12/2019).

Diketahui, perubahan OPD ini sudah melalui tahapan persetujuan bersama di tingkat DPRD Sulsel. Pengesahan atas rancangan perda tentang Perubahan Perda Nomor 10/2016 tentang Pembentukan Susunan Perangkat Daerah itulah yang kemudian dikonsultasikan ke Kemendagri.

“Pada prinsipnya Mendagri setuju dengan semua yang kita usulkan OPD ini. Apa yang kita usulkan disetujui semua," tambahnya.

Sebagai tindak lanjut atas hal ini, tinggal menunggu kebijakan Gubernur Sulsel untuk pengisian posisi jabatan pada OPD yang baru ditetapkan.

“Penerapannya tinggal ditunggu lagi pengisian orang-orangnya. Soal itu BKD punya urusan, bukan lagi Ortala. Kita kan sudah selesai bikin rumahnya (struktur lembaga). Nanti BKD yang punya urusan untuk isi pejabat sesuai standar kompetensinya," imbuh dia.

Dari data yang dihimpun, ada beberapa poin soal perubahan kelembagaan yang juga sudah dibahas di tingkat pansus DPRD Sulsel sebelumnya. Di antaranya, penurunan tipelogi perangkat daerah tidak diturunkan atau tetap tipe A.

Adapun perangkat daerah yang tetap tipeloginya yaitu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa; Dinas Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah; Dinas Kepemudaan dan Olahraga; Dinas Perpustakaan dan Kearsipan; Dinas Perindustrian; dan Dinas Perdagangan.

Adapun nomenklatur perangkat daerah yang berubah atau digabung, di antaranya, Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi; Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang menjadi Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, tipe A.

Kemudian, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menjadi Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, tipe A.

Lalu, Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura menjadi Dinas Ketahanan Pangan, tipe A. Selanjutnya, Dinas Kependudukan, Pencatatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana menjadi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, tipe A.

Kemudian, Dinas Perkebunan menjadi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan, tipe A. Sementara Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Menjadi Badan Keuangan dan Aset Daerah, tipe A.

Lalu, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) dan Badan Penelitan dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) dilebur menjadi Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, tipe A.

Adapun Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan tidak mengalami perubahan atau tetap dinas sendiri.

Adapun perangkat daerah lingkup Sekeretariat Daerah Provinsi Sulsel yang mengalami perubahan struktur diantaranya, Biro Humas dan Protokol dihilangkan dan dilebur ke OPD lainnya yakni ke Dinas Kominfo, sementara bagian keprotokoleran digabung ke Biro Umum.

Selain itu, di lingkup sekretariat juga dicanangkan ada biro baru, yakni: Biro Pengadaan dan Jasa; Biro Administrasi dan Sekretariat Daerah; dan Biro Ortala berubah nama menjadi Biro Organisasi dan Reformasi Birokrasi.

Kemudian, Biro Aset dilebur ke dalam Badan Pengelolaan Keuangan Daerah. Lalu Biro Pembangunan dilebur ke Biro Ekonomi.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook