alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Catatan Positif PSM Makassar di Surajaya Jadi Modal Hadapi Persela

Muhaimin Sunusi
Catatan Positif PSM Makassar di Surajaya Jadi Modal Hadapi Persela
Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim menggring bola saat laga kontra Persija Jakarta beberapa waktu lalu. Foto: SINDOnews/Muctamir Zaide

MAKASSAR - PSM Makassar akan kembali melakoni laga tandang dalam lanjutan Liga 1 2019 pekan ke-31. Kali ini, skuad Juku Eja akan bertamu ke stadion Surajaya, markas Persela Lamongan, Sabtu (7/12/2019) besok.

Selama tiga musim terakhir, PSM Makassar sejatinya memiliki catatan yang positif di stadion Surajaya. Juku Eja selalu mencuri poin kala bermain di markas Laskar Joko Tingkir itu.

Pada musim 2016 dan 2018, PSM Makassar dua kali meraih hasil imbang dengan skor 2-2 dan 1-1. Kemudian pada 2017, Juku Eja menang atas Persela dengan skor 0-1.



"Kalau memang PSM punya hasil baik di sana (Surajaya), tim harus bisa menjaganya dong. Ini jadi PR (pekerjaan rumah) pemain yang sekarang untuk mempertahankan pencapaian itu," kata pengamat sepak bola Sulsel, Faisal Maricar.

Hanya saja, misi PSM Makassar untuk mempertahankan rekor tersebut, bukan hal gampang. Lantaran musim ini, Juku Eja dihantui hasil minor sepanjang laga tandang. Pasukan Darije Kalezic belum sekalipun menang dari 14 pertandingan away.

"Jadi pekerjaan tim semakin berat. Di satu sisi ingin menjaga rekor, di sisi lain juga tak pernah berhasil di laga tandang. Olehnya itu, skuad PSM harus benar-benar bekerja keras di laga ini," ujarnya.

Selain itu, isu ketidakharmonisan di internal tim semakin memberatkan perjuangan PSM di laga tersebut. Faisal meminta pemain dan pelatih untuk mengesampingkan ego masing-masing.

"Baiknya redam ego masing-masing dulu. Tim harus fokus menatap laga yang terdekat. Apalagi, PSM ingin menjaga gengsi dengan finis di papan atas klasemen Liga 1 2019," tuturnya.

Saat ini, PSM Makassar memang masih berada di papan tengah atau bertengger di peringkat keenam klasemen sementara Liga 1 2019. Juku Eja mengumpulkan 43 poin dari 30 pertandingan.

Pelatih PSM Makassar, Darije Kalezic menyatakan, timnya selalu menargetkan poin penuh di setiap laga, baik tandang maupun kandang. Dia juga mengklaim, hasil sebelumnya tak ada hubungannya dengan pertandingan yang akan dijalani.

"Setiap pertandingan yang akan datang, itu kita bertujuan untuk menang. Hasil sebelumnya, itu tidak mempengaruhi di laga yang akan datang," tandasnya.



(man)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook