alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tahun Depan Adnan-Kio Canangkan Tahun Pertanian untuk Gowa

Herni Amir
Tahun Depan Adnan-Kio Canangkan Tahun Pertanian untuk Gowa
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan bercengkrama dengan para petani dalam temu appalili. Tahun depan dicanangkan tahun pertanian. Foto : SINDOnews/Herni Amir

SUNGGUMINASA - Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan dan Wakil Bupati Gowa Abd. Rauf Malaganni mengagas tahun pertanian pada 2020 mendatang. "Insyaallah tahun depan kita akan mendeklarasikan menjadi Tahun Pertanian dalam rangka mewujudkan peningkatan hasil pertanian," katanya, Jumat (06/12/2019).

Kata Dia, hal tersebut juga telah mendapatkan dukungan penuh dari Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). "Banyak bantuan yang diberikan Bapak Menteri Pertanian kepada petani di Kabupaten Gowa. Tapi tak perlu saya menjabarkan jenisnya, yang penting tahun depan bantuan ini akan kita serahkan secara bertahap demi mendukung kemajuan dan kesejahteraan para petani dan penyuluh kita," ungkapnya.

Di tempat yang sama Sekretaris Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Sulsel Muhlis Mori mengatakan, Kabupaten Gowa mejadi daerah penyuplai utama pada beberapa komoditas pangan untuk Kota Makassar.



Ia menyebutkan, untuk produksi padi pada 2018 mencapai 294.030 ton dan berkontribusi sebesar 5,12 persen terhadap produksi padi tingkat provinsi, pada komoditas ubi kayu capaian produksinya sebesar 162.839.38 ton dan berkontribusi sebesar 62,60 persen terhadap produksi ubi kayu tingkat provinsi.

Sementara pada komoditas ubi jalar capaian produksinya sebesar 28.401.6 ton, dan ini mengalami peningkatan di banding pada 2017 yakni 7.963.2 ton atau naik dua kali lipat.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook