alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pelaku Penipuan Arisan Daring Gunakan Uang Korban untuk Foya-foya

Faisal Mustafa
Pelaku Penipuan Arisan Daring Gunakan Uang Korban untuk Foya-foya
Dua tersangka kasus penipuan investasi arisan daring saat dihadirkan pada prescon yang digelar di Podal Sulsel. Foto: Sindonews/Faisal Mustafa

MAKASSAR - Dua orang wanita yang ditetapkan sebagai tersangka, terkait dengan kasus penipuan bermodus investasi lewat arisan daring ternyata menggunakan uang tersebut untuk berfoya-foya.

Kedua tersangka ini yakni masing-masing Kelvina Laurens (34) dan Wenny (40) diamankan di rumahnya masing-masing.

Direktur Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Sulsel, Kombes Agustinus B Pangaribuan mengatakan berdasarkan hasil pemeriksaan sementara, uang miliaran rupiah yang diambil dari sekitar 50 orang korban digunakan oleh tersangka untuk berfoya-foya.



“Uangnya yang diambil itu ada yang dipakai makan. Yang lain-lainnya masih didalami,” terangnya.

Dilanjutkannya, kerugian yang dialami para korban bervariatif, dari Rp50 juta hingga Rp800 juta. Bisnis investasi ini sendiri diakui tersangka dimulai sejak Mei 2019 lalu.

"Jadi memang belum cukup setahun,” papar Agustinus.

Selain itu, kata Agustinus pihaknya tengah mendalami dugaan pencucian uang, lantaran puluhan miliar itu disinyalir digunakan tersangka untuk membeli aset-aset pribadi.

“Itu yang sampai sekarang masih kita dalami. Kita kembangkan semua untuk mencari apa-apa saja yang digunakan dari uang setoran korban,” pungkasnya.

Saat ini petugas telah menyita sejumlah barang bukti, diantaranya rekening sejumlah bank, bukti-bukti setoran korban. Lebih jauh kata Agustinus pihaknya akan berkoordinasi dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) Sulsel untuk menentukan apakah perbuatan keduanya masuk dalam Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) atau pidana umum.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook