alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Atlet Sulsel Gemilang di SEA Games, Sudah Sumbang 3 Emas

Syachrul Arsyad
Atlet Sulsel Gemilang di SEA Games, Sudah Sumbang 3 Emas
Lifter Rahmat Erwin Abdullah menyumbang emas keempat dari cabang angkat besi SEA Games 2019 Filipina, Rabu (4/12/2019)/Foto/dokumentasi ANTARA FOTO/INASGOC

MAKASSAR - Permorfa atlet Sulsel pada ajang SEA Games 2019 di Manila terbilang gemilang. Sejauh ini, para atlet provinsi ini yang menyelesaikan nomor pertandingan berhasil menorehkan prestasi membanggakan bagi bangsa Indonesia. Sudah tiga kali lagu Indonesia Raya berkumandang di Manila berkat torehan medali emas dari atlet Sulsel.

Sulsel sendiri memiliki belasan atlet serta dua pelatih dalam kontingen Indonesia yang sedang bertarung di pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara di Manila. Hingga kini, para atlet Sulsel telah mendulang tiga medali emas untuk Indonesia dari cabang olahraga angkat besi, sepak takraw dan dayung.

Emas pertama dipersembahkan lifter muda Rahmat Erwin Abdullah di cabang olahraga (cabor) angkat besi Kelas 73 kilogram (kg), Rabu (4/12/2019). Putra dari lifter senior Sulsel sekaligus pelatihnya, Erwin Abdullah ini membukukan total angkatan 322 kg.



Berselang sehari, giliran tim sepak takraw Indonesia yang merebut emas. Tiga atlet asal Sulsel, yakni Hardiansyah Muliang, Diky Saputra, dan A Tri Sandi Putra punya andil besar mengantarkan Indonesia meraih emas di nomor tersebut.

Kemudian, yang terbaru adalah emas dari cabor dayung (kano). Pedayung Sulsel bersama rekannya Yuda Firmansyah meraih emas pada nomor C2 ganda putra jarak 1.000 meter, kemarin. Bahkan Anwar Tarra optimistis menambah medali untuk Indonesia pada nomor berikutnya.

Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indoensia (KONI) Sulsel, Ellong Tjandra, yang ikut ke Manila menyaksikan langsung SEA Games 2019 sangat bangga atas prestasi tersebut. “Alhamudilillah sudah dapat tiga emas. Mudah-mudahan bisa bertambah lagi,” kata Ellong saat dihubungi SINDOnews, lewat pesan WhatsApp.

Atlet Sulsel, kata dia, masih berpotensi menambah atau mendulang banyak mendali. Sebab masih ada cabor belum atau sementara dipertandingkan seperti karate dan billiard. Sementara, Sulsel memiliki empat atlet di karate.

Belum lagi tim sepak bola yang diperkuat dua putra Sulsel yakni Asnawi Mangkualam Bahar dan Nuhidayat Haji Haris. Tim sepak bola Indonesia berhasil masuk babak semi final dan hanya butuh memenangkan dua kali pertandingan untuk meraih medali emas.

Ellong manambahkan, KONI Sulsel mendorong Pemprov Sulsel agar memberikan bonus kepada atlet yang meraih medali di luar dari hibah yang telah dijanjikan Kemenpora. Ellong juga memberikan motivasi kepada atlet-atlet Sulsel untuk menjaga semangat. “Pesan saya selaku ketua KONI, tetap semangat. Ewako,” tutupnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook