alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Pemprov Sulsel Gagas Pendirian Corporate University

Syachrul Arsyad
Pemprov Sulsel Gagas Pendirian Corporate University
Pemprov Sulsel tengah menggagas pendirian corporate university untuk pengembangan SDM, khususnya ASN lingkup pemerintahan. Foto/Ilustrasi

MAKASSAR - Pemprov Sulsel tengah menggagas pendirian corporate university untuk pengembangan sumber daya manusia, khususnya aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahan.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Sulsel, Imran Jauzi, menjelaskan corporate university diharap menjadi wadah peningkatan kompetensi ASN. Program yang mampu menjawab kebutuhan untuk mencapai pembangunan nasional.

“Corporate university menjadi sebuah kebutuhan untuk setiap lembaga pelatihan untuk merespon kebutuhan akan profesionalisme ASN. Kini sejalan dengan kebijakan pusat dalam konteks manajemen talenta," tuturnya di Makassar.



Lebih lanjut, Corporate University menjadi sebuah manajemen pelatihan ASN. Namun pendekatan dalam pembinaan dan pembelajarannya, sedikit banyak mengadopsi dari sistem pendidikan di perguruan tinggi.

Melalui Corporate University, kualitas kinerja para ASN bisa ditingkatkan, lebih utama menjadi aparatur yang sesuai dengan kebutuhan saat ini. “Sistem pembelajarannya nanti berdasarkan kebutuhan, tidak seperti sekarang hanya mengikuti apa yang diprogramkan oleh pemerintah pusat."

"Jadi intinya adalah bagaimana analisis kebutuhan pelatihan yang harus kuat, termasuk low cost training dgn pendekatan IT," sambung Imran.

Dalam upaya menghadirkan Corporate University, Pemprov Sulsel telah melakukan studi ke beberapa perusahaan yang telah menerapkan sistem ini, seperti melakukan benchmarking ke Telkom Corporate University, hingga Garuda Indonesia Training Center.

Termasuk Lembaga Administrasi Negara (LAN) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). "Kami juga sedang membuat naskah akademik untuk pendirian Corporate University, penyiapan tenaga pengajar berbasis e-learning, dan penyesuaian manajemen pelatihan yang sesuai kebutuhan. Serta menguatkan jejaring kemitraan dengan sesama lembaga pelatihan," imbuh Imran.

Rencananya coporate university sudah bisa dijalankan tahun 2020 mendatang. Pelatihan ASN akan terus dikembangkan secara berjenjang dan berlanjut. Peranan evaluasi pasca pelatihan menjadi sangat strategis untuk terus menyempurnakan kurikulum Corporate University ke depan.
"Insya Allah, kita mulai tahun depan. Corporate University inikan manajemen pelatihan yang diadopsi dari pendekatan seperti perguruan tinggi. Jadi tidak perlu gedung khusus, tapi tetap menggunakan gedung diklat yang ada saat ini," pungkasnya.

Sementara Ketua Tim Akselerasi Reformasi Birokrasi Provinsi Sulsel, Prof Sangkala, menambahkan proses penyiapan Corporate University dikerjasamakan BPSDM dan BKD Sulsel. Dia mengklaim, jika ini berjalan maka Pemprov Sulsel akan menjadi provinsi pertama di Indonesia yang mendirikan ini.

"Ini provinsi pertama yang menerapkan Corporate Universty. Sementara dalam penyelesaian naskah akademik dan peraturan gubernurnya. Tahun depan kita bangun," tutur Prof Sangkala.

Corporate University ini menjadi penting dalam pemerintahan untik pengembangan kualitas ASN. Pasalnya, dia menilai para aparatur lulusan dari suatu perguruan tinggi tidak serta bisa menyiapkan SDM yang bisa langsung bekerja di posisi jabatan yang disiapkan pemerintah daerah.

"Makanya harus diambil provinsi dengan membentuk Coporate University. Di dalamnya akan ada akademi-akademi yang khusus menyiapkan kualitas SDM kita yang bisa bekerja sesuai performance yang baik di pemerintahan," jelasnya.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook