alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Dukungan Nurdin Abdullah Bisa Jadi Penentu di Pilwalkot Makassar

Muhaimin Sunusi
Dukungan Nurdin Abdullah Bisa Jadi Penentu di Pilwalkot Makassar
Diskusi soal Politik di Makassar yang menghadirkan sejumlah pakar politik dan lembaga survei di salah satu warung kopi di Makassar. Foto: Sindonews/Muhaimin Sanusi

MAKASSAR - Dukungan dari Nurdin Abdullah (NA), dianggap menjadi salah satu penentu di Pilwalkot Makassar 2020 mendatang. Jabatannya sebagai Gubenur Sulsel membuat arah dukungannya dinilai sangat berpengaruh terhadap salah satu calon tertentu.

Isu ini mencuat dalam diskusi bertema "Arah Parpol dan Elit Politik Sulsel di Pilwalkot Makassar" yang digelar Komunitas Wartawan Politik Sulsel di salah satu warung kopi di Jalan Toddopuli, Makassar, Minggu (8/12/2019).

Direktur Komunikasi PT General Survei Indonesia, Sukmayadi Maeruddin menuturkanz, sebagai pejabat nomor satu di Sulsel, Nurdin Abdullah memiliki power besar terhadap birokrasi pemerintahan, pengusaha dan partai politik. Dukungan NA sapaannya diyakini mampu merubah situasi dan kondisi perpolitikan Kota Makassar.



“Ke mana arah politik NA, itu juga akan menentukan siapa-siapa yang akan bertarung di 2020. Dan kemungkinan itu juga yang akan menang,” kata Sukmayadi dalam diskusi tersebut.

Sementara itu, pengaruh dua tokoh politik yakni Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dan mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin sudah tidak sekuat dulu lagi. Hal itu dikatakan oleh Pengamat politik UIN Alauddin Makassar, Firdaus Muhammad.

“Pak Syahrul meskipun kelasnya naik menjadi menteri, namun powernya berbeda dengan waktu masih menjabat Gubernur Sulsel. Kekuatannya tidak sekuat dulu lagi," ujar Firdaus.

Dekan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Alauddin Makassar ini melanjutkan, Ilham memiliki posisi yang sama dengan Syahrul. Masih punya pengaruh, namun tidak sesuperior dulu.

"Begitupun Pak Ilham, dia memiliki magnet politik berkat ketokohan, prestasi dan loyalitas basis jaringannya. Namun tak bisa dipungkiri, pasti sudah menurun kekuatannya,” tutupnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook