alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Tomy Satria Dinilai Ideal Lanjutkan Pemerintahan Bulukumba

Muhaimin Sunusi
Tomy Satria Dinilai Ideal Lanjutkan Pemerintahan Bulukumba
PPI Sulsel menggelar diskusi politik bertema Bulukumba Mencari Pemimpin Berpengalaman yang berlangsung di salah satu warung kopi di Jalan Boulevard Makassar, Minggu (8/12/2019). Foto: Sindonews/Muhaimin Sanusi

MAKASSAR - Sosok Tomy Satria Yulianto dinilai paling ideal melanjutkan pemerintahan Bulukumba, pasca kepemimpinan Bupati AM Sukri A Sappewali. Apalagi Tomy merupakan wakil bupati saat ini.

Pernyataan itu mencuat dari diskusi yang digelar oleh Poros Pemuda Indonesia Sulsel di salah satu warung kopi di Jalan Boulevard, Makassar, Minggu (8/12/2019). Tema dalam diskusi ini ialah "Bulukumba Mencari Pemimpin Berpengalaman".

Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Abdi mengatakan, kandidat yang ideal untuk Bulukumba tak hanya berpengalaman di bidang pemerintahan. Namun juga bisa merangkul seluruh elemen masyarakat agar bisa mendongkrak suara di Pilkada 2020.



"Bakal calon harus mampu merangkul para tokoh agama, tokoh masyarakat dan pemilih rasional. Kandidat yang siap menggunakan variabel ini, pasti berpeluang menang, apalagi masyarakat Bulukumba sudah dikategorikan pemilih rasional," kata Abdi dalam diskusi tersebut.

Dia memandang, sejauh ini, Tomy Satria menjadi salah satu kandidat yang dianggap mampu mengakomodir sejumlah faktor tersebut. Apalagi Ketua DPD Nasdem Bulukumba itu memiliki keunggulan yakni berstatus sebagai petahana.

"Apalagi saya kira, sekelas Bulukumba yang punya nilai history yang cukup kuat kurang cocok dipakai kandidat lain yang hanya sekadar untuk coba coba saja. Sedianya kandidat yang ingin maju, telah memiliki modal popularitas di atas 75 persen saat ini," ujarnya.

Sementara itu, Analisis Lembaga Survei Serum Institute, Muhtar menuturkan, Bulukumba bukanlah kabupaten yang lahir secara pemekaran, melainkan punya sejarah yang panjang. Sehingga kata dia, untuk menjadi orang nomor satu di daerah ini perlu memahami Butta Panrita Kopi secara luas.

"Melihat dari beberapa survei yang beredar hari ini, memang masih mengunggulkan Tomy Satria yang punya popularitas cukup signifikan hingga di atas 70 persen. Wajar saja, karena Tomy merupakan wakil bupati saat ini yang berstatus petahana," ungkapnya.

Menurut Muhtar, tingginya popularitas Tomy merupakan suatu keuntungan baginya. Karena dia tidak perlu bekerja dari bawah, lantaran sudah melakukan sosialiasi sejak menjabat sebaga Wakil Bupati Bulukumba.

"Tapi tingginya popularitas itu, ada dua opsi yang muncul. Apakah opsi kesukaan atau tidak suka. Tomy juga jangan terlalu cepat puas dengan survei ini, karena Pilkada masih lama," tuturnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook