alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Begini Cara Satpol PP Pangkep Tekan Sapi Berkeliaran di Jalan

Muhammad Subhan
Begini Cara Satpol PP Pangkep Tekan Sapi Berkeliaran di Jalan
Kepala Satpol PP Pangkep Syamsuria Syam memberikan pengarahan kepada anggotanya. Foto: Sindonews/Muhammad Subhan

PANGKEP - Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pangkep mengklaim, angka sapi yang berkeliaran di dalam kota Pangkajene saat ini tak sebanyak jumlah tahun sebelum.

Hal itu disampaikan Kasatpol PP Syamsuria Syam karena pihaknya melakukan berbagai upaya agar para pemilik sapi tak lagi melepas ternak mereka secara bebas.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu dengan mendata para pemilik ternak dan memberikan sosialisai terkait perda, yang melarang ternak berkeliaran bebas dalam kota. Syamsuria juga mengaku sudah membuat surat edaran ke desa, lurah hingga camat agar peternak sapi membuat kandang sapi yang baik dan tidak membiarkan berkeliaran di area yang dilarang.



"Kami di Satpol PP Pangkep memberi sosialisasi dan pendekatan kepada 18 pemilik sapi di kelurahan Biraeng dan kelurahan Padoang-doangan Pangkep yang telah di data agar tak melepas sapi mereka ke jalan dan pemukiman warga," kata Syamsuria, Minggu (8/12/2019).

Soal tindakan tegas menangkap sapi yang ditemukan di jalan, ia mengatakan pihaknya telah beberapa kali melakukan. Namun, saat sapi ditangkap, para pemilik tak ada yang datang mengambil. Karena khawatir sapi mati, hewan tersebut terpaksa dikembalikan kepada pemilik dengan meminta para pemilik bertandatangan disurat pernyataan.

"Yah terpaksa kami kembalikan. Masalah lain kalau mau diproses hukum, kami tidak punya penyidik PNS yang berhak menyidik kalau ada pelanggaran perda," pungkasnya.



(agn)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook