alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

95 Randis Pemprov Sulsel Dilelang, Harga Mulai Rp23 Juta

Syachrul Arsyad
95 Randis Pemprov Sulsel Dilelang, Harga Mulai Rp23 Juta
Kendaraan dinas (randis) milik Pemprov Sulsel. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Sebanyak 95 kendaraan dinas (randis) milik Pemprov Sulsel bakal dilelang yang pelaksanaanya dikerjasamakan dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar.

Kepala Biro Pengelolaan Barang dan Aset Daerah Sulsel Nurlina mengatakan, proses pelaksanaan randis ini dimulai pada pekan ini.

Dia mengatakan, rencana hari ini akan ada penjelasan terkait proses pelaksanaan lelang kendaraan di kantor gubernur. Disebutkan, dari 95 randis yang dilelang, 28 diantaranya kendaraan roda empat dan 67 unit roda dua.



Total kendaraan dinas tersebut berasal dari 30 organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov Sulsel. KPNKL Makassar sebelumnya sudah melakukan pengecekan fisik untuk penetapan harga.

Kisaran harga tiap kendaraan yang dilelang bervariasi, tergantung tipe dan tahun produksinya. Untuk kendaraan roda empat, misalnya, dipatok limit harganya dimulai dari Rp23 juta, hingga yang tertinggi sampai Rp58 juta.

Sementara untuk motor, penetapan harganya dimulai dari Rp1 juta hingga 2 juta. Bahkan, adapula untuk satu unit motor Suzuki Type FD tahun pembuatan 2002 harga limitnya Rp643.000 dengan uang jaminan Rp193.000.

Kata Nurlina, untuk pendaftaran mengikuti lelang kendaraan dilakukan sistem online. Pendaftaraannya pun bisa diakses melalui website resmi milik DJKN Kementerian Keuangan RI melalui laman resmi www.lelang.go.id. "Pendaftaran dan persyaratan lelang bisa dilihat melalui website resminya," papar Nurlina.

Tiap peserta lelang harus memiliki akun yang terverifikasi di website itu. Pasalnya, penyetoran uang jaminan harus lebih dulu dilakukan melalui virtual account yang dibuat melalui website, setelah peserta yang memiliki akun memilih objek lelang kendaraan yang akan diikuti.

Semisal untuk kendaraan mobil merk Toyota dengan tahun produksi 2011, harga limitnya Rp54 juta. Maka peserta lelang harus lebih dulu menyetor uang jaminan sekitar Rp16juta melalui bank paling lambat sehari sebelum pelaksanaan lelang.

Salah satu panitia lelang dari Pemprov Sulsel, Muhammad Rasyid menambahkan, pendaftaran lelang melalui online resmi dibuka mulai, Senin (09/12/2019). Untuk selanjutnya, akan dilaksanakan aanwijzing atau pertemuan pembahasan detail soal proses lelang. “Hari Senin katanya menurut KPNKL sudah dibuka pendaftarannya melalui online. Hari Selasa depan itu ada dilaksanakan aanwizjing, penjelasan terkait proses lelang kendaraan ini," kata Rasyid.

Rencananya, setelah proses pendaftaran online akan dilaksanakan proses lelang pada Kamis, 12 Desember mendatang. Kegiatan ini digelar di Ruang Command Center Diskominfo Sulsel di kantor Gubernur Sulsel Lantai 4. "Kamisnya itu baru dilaksanakan lelang," pungkas dia.

Diketahui, lelang randis Pemprov Sulsel tersebut memasuki tahap kedua pelaksanaannya. Pada tahap pertama, berhasil dilelang sebanyak 13 unit kendaraan roda dua dan empat pada tanggal 9 April lalu.

Pada lelang tersebut, Pemprov Sulsel menerima tambahan kas sebesar Rp807 juta lebih. Kebijakan penghapusan aset melalui mekanisme lelang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19/2016 tentang Pedoman Pengelolaan Barang Milik Daerah.

Program ini dilakukan dalam rangka untuk optimalisasi pemanfaatan aset daerah.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook