alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Rp1,2 Triliun Anggaran di Pemprov Sulsel Belum Terserap

Syachrul Arsyad
Rp1,2 Triliun Anggaran di Pemprov Sulsel Belum Terserap
Kas daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel belum terserap dan masih mengendap di akhir Desember 2019. Nilainya mencapai angka Rp1.2 triliuan. Foto : Ilustrasi/Istimewa

MAKASSAR - Kas daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel belum terserap dan masih mengendap di akhir Desember 2019. Nilainya mencapai angka Rp1.2 triliuan

"Terakhir kemarin posisinya Rp1,2 T sejak hari Jumat lalu. Posisinya bergerak dari posisi sekitar Rp1,7 T waktu masih hari Senin lalu," ungkap Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Junaedi Akbar, kemarin.

Dia melanjutkan, untuk memacu serapan anggaran itu, pihaknya meminta tiap OPD segera mengajukan surat perintah membayar (SPM) gaji. Pasalnya Edi mengaku total kas daerah yang belum terserap kebanyak dari anggaran gaji pegawai yang belum dibayarkan.



Termasuk untuk menyelesaikan pembayaran kepada pihak ketiga atau rekanan yang menangani proyek pemerintah. "Kontraktor asal selesai pekerjaan dibayar setelah ada rekomendasi inspektorat sebagai hasil review," ujarnya.

Meski begitu, Edi memastikan anggaran yang masih tersisa tersebut tidak bisa diserap 100%. BPKD Sulsel menargetkan sisa lebih penggunaan anggaran (silpa) hingga akhir tahun mencapai Rp323 miliar. "Kita proyeksi (Silpa) Rp323 M," sebut dia.

Dia mengemukakan, angka silpa ini tergolong tinggi jika dibandingkan tahun lalu. Meski demikian dia berdalih angka ini tinggu karena Pemprov Sulsel juga mendorong efisiensi anggaran pada tahun ini.

Dicontohkan Edi, pada anggaran alat tulis kantor (ATK) saja, Pemprov Sulsel menganggarkan Rp1,5 miliar. Dari total dana yang dianggarkan untuk ATK tahun ini, Edi menuturkan masih ada tersisa di kas daerah Rp300 juta. "Berarti hanya sekitar Rp700 juta yang terpakai setahun ini. Artinya, kita ada penghematan," paparnya.

Sebelumnya Sekretaris Daerah Provinsi Sulsel, Abdul Hayat Gani mengatakan, anggaran tersisa bisa dimaksimalkan sampai tahun ini.

Pihaknya juga tengah mendorong ketepatan penggunaan anggaran itu sampai akhir tahun. “Ada memang 1 triliun, lebih malah. Tetapi pada posisi akhir November dan Desember nanti masih banyak kegiatan yang sudah dan akan dilakukan. Tinggal pencairan dana kepada pihak ketiga yang belum terlaksana dengan baik. Tinggal kita stafnya memberikan telaah untuk mendorong itu semua, ketepatan penggunaan itu," jelas Hayat.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook