alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Sibuk Rapat Reses, Dewan Enggan Temui Pengunjuk Rasa

Joni Lembang
Sibuk Rapat Reses, Dewan Enggan Temui Pengunjuk Rasa
Konsentrasi penuh tampaknya tengah diluangkan pimpinan DPRD Tana Toraja untuk rapat reses sehingga enggan menemui massa pengunjuk rasa dari Gerakan Solidaritas Mahasiswa Toraja (Gasmator). Foto : SINDOnews/Joni Lembang

TANA TORAJA - Konsentrasi penuh tampaknya tengah diluangkan pimpinan DPRD Tana Toraja untuk rapat reses sehingga enggan menemui massa pengunjuk rasa dari Gerakan Solidaritas Mahasiswa Toraja (Gasmator).

Untuk rasa memperingati Hari Anti Korupsi Sedunia di gedung DPRD Tana Toraja, Senin (9/12/2019) itupun berlangsung tanpa kehadiran kehadiran mereka.

"Kami ke gedung DPRD untuk sampaikan aspirasi terkait permasalahan yang ada di Toraja. Aksi kami juga damai. Tapi, sangat disayangkan, banyak anggota dewan yang berkantor di dalam gedung, tidak ada satupun yang mau menerima aspirasi kami," Koordinator Lapangan (Korlap) aksi unjuk rasa Gasmator, Yonas Belo.



Sementara itu dalam aksinya, massa Gasmator secara bergiliran menyampaikan orasi terkait sejumlah permasalahan yang terjadi di Tana Toraja. Diantaranya, keberadaan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Malea di kecamatan Makale Selatan kabupaten Tana Toraja.

"Kami datang ke DPRD mempertanyakan sejauh mana tindakan DPRD terhadap aspirasi masyarakat terkait dampak negatif keberadaan PLTA Malea yang sudah meresahkan masyarakat sekitar," tambah Yonas Belo.

Dia mengatakan keberadaan PLTA Malae sudah merusak lingkungan sekitarnya. Banyak sawah warga yang rusak akibat bendungan yang dibangun di aliran sungai Sa'dan. Begitu juga dengan pembangunan terowongan bawah tanah dampaknya bisa mengancam rusaknya ekosistem li gkungan

DPRD pun sudah pernah melakukan rapat dengar pendapat bersama manajemen PT Malae terkait aspirasi warga. Sayangnya, tidak ada tindakan nyata dari para anggota dewan.

"Anggota dewan jangan hanya mengumbar dampak positif dari keberadaan PT Maae. Sementara anggota dewan bungkam akan dampak negatif yang merugikan masyarakat," kesalnya.



(sss)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook