alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Parepare Terapkan Aplikasi Si Vera Tangkas, Ini Keunggulannya

Darwiaty Dalle
Parepare Terapkan Aplikasi Si Vera Tangkas, Ini Keunggulannya
Pemerintah Parepare menerapkan aplikasi Si Vera Tangkas yang bisa menjamin akurasi data peserta BPJS Keshetan. Foto/Ilustrasi/SINDOnews

PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Kesehatan kembali mengembangkan sebuah inovasi berbasis teknologi. Kali ini, pemerintah mengembangkan aplikasi khusus untuk menjamin akurasi data peserta BPJS Kesehatan, terkhusus untuk Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditanggung pemerintah setempat.

Aplikasi anyar ini dinamai Si Vera Tangkas atau Sistem Informasi Verifikasi dan Validasi Pertanggungan Kesehatan. Aplikasi ini memiliki keunggulan dan manfaat yang besar bagi pemerintah maupun masyarakat. Olehnya itu, Pemerintah Kota Parepare mulai mensosialisasikan aplikasi Si Vera Tangkas.

Sekretaris Dinas Kesehatan Parepare, Rahmawaty, mengungkapkan keunggulan aplikasi ini yakni pemerintah bisa mendapatkan data yang akurat terkait peserta BPJS Kesehatan. Adapun dari sisi masyarakat, aplikasi ini diklaim akan mempermudah dan mempercepat proses pendaftaran peserta baru maupun proses mutasi data peserta.



Rahmawati menerangkan melalui aplikasi Si Vera Tangkas, proses registrasi peserta PBI BPJS Kesehatan akan jauh lebih mudah. Sebab, NIK dijadikan sebagai keyword data kepesertaan tunggal untuk mencegah terjadinya duplikasi data dalam proses pendaftaran peserta BPJS.

"Aplikasi ini terkoneksi dengan Disdukcapil dan terlapor ke Dinas Sosial sehingga lebih akurat dan terjamin," tandasnya.

Sosialiasi aplikasi Si Vera Tangkas sendiri tidak hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan. Sejumlah instansi terkait juga digandeng memperkenalkan aplikasi ini, seperti Dinas Kominfo serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Parepare.



(tyk)

loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook